Beranda Olahraga All Sport

Vettel Menggila

BERBAGI
UNJUK KEMAMPUAN: Sabastian Vettel meluapkan kegembiraannya usai memenangi GP Monaco.

MONAKO–Pembalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, sukses meraih juara di Formula 1 GP Monaco, Minggu (28/5). Ini adalah kemenangan perdana Ferrari di Sirkuit Montecarlo sejak 2001 silam.

Vettel sebenarnya mengawali balap di belakang rekan setimnya, Kimi Raikkonen. Keduanya melakukan start yang cukup baik. Sejak awal, kedua pembalap Kuda Jingkrak ini memang bersaing ketat. Bahkan, sampai 20 lap, perbedaan keduanya cuma 1,832 detik dipimpin oleh Raikkonen.

Perlahan tapi pasti, Vettel memangkas jarak cuma 0,903 detik saja dari Raikkonen memasuki lap ke-29. Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas masih menguntit dengan gap 4,8 detik. Vettel berhasil menyodok ke urutan pertama setelah Raikkonen masuk pitstop pada lap ke-35. Raikkonen tergeser ke urutan ketiga. Pembalap Jerman itu baru masuk pit stop pada lap ke-39. Setelah keluar, dia masih memimpin balapan.

Raikkonen sendiri sukses menyodok ke urutan kedua. Sedang, Daniel Ricciardo berhasil kunci posisi ketiga. Susunan ini bertahan hingga lap terakhir, dan Vettel berhasil menjadi pemenang. Ini adalah kemenangan ketiganya musim ini.

Selain Raikkonen dan Ricciardo yang naik podium, perjuangan yang patut disorot adalah dari Lewis Hamilton. Pembalap Mercedes itu sebenarnya memulai balapan di urutan ke-12. Akan tetapi, perjuangannya untuk terus melejit patut diapreasiasi. Perlahan dia mulai mendongkrak ke uurtan kesepuluh pada lap ke-16. Bahkan, pada lap ke-44 dia sukses tempat posisi keenam. Hamilton yang masuk pitstop pada lap ke-47 harus rela turun lagi ke posisi ketujuh dan bertahan hingga balapan berakhir. Kepada media, Vettel mengaku sempat hilang dengan masuknya safety car. Tapi, dia bisa tetap tenang dan langsung melaju untuk meraih kemenangan keduanya di Monaco. Sedangkan bagi Ferrari menjadi kemenangan pertama di Monaco sejak 2001.

“Saya pikir ini adalah balapan yang sangat ketat. Saya berharap pada awalnya bisa start yang lebih baik, tapi Raikkonen mampu melakoni start dengan apik. Saya pun harus bersabar,” sebut Vettel seperti dilansir Crash.

Imbuhnya, “Saya memiliki momen yang membuktikan bahwa mobil saya benar-benar bagus. Saya terus melaju dengan satu tujuan yakni finis di posisi terdepan”.

Vettel menambahkan bahwa kemenangan di GP Monaco tak lepas dari strategi tim. Dia pun memuji semuanya di balik layar. “Pekerjaan yang fantastis, tim telah melakukannya dengan sangat baik. Terima kasih yang luar biasa untuk mereka dan akhir pekan yang fantastis untuk Ferrari,” pungkasnya.(jpg)

Komentar Anda

Baca Juga