Beranda Olahraga Kickers

Drama di Laga Pamungkas

BERBAGI
KEBERUNTUNGAN: Pemain Carotone berselebrasi usai mengalahkan Lazio. Dengan kemenangan ini, Crotone bertahan di Serie A.

ITALIA-Serie A musim 2016-2017 telah usai. Menariknya, terjadi beberapa drama di laga pamungkas yakni giornata 38. Salah satunya adalah keajaiban Crotone yang mampu bertahan di Serie-A usai mengalahkan Lazio dengan skor 3-1, Senin (29/5) dini hari WIB. Kemenangan itu membuat Crotone berada di posisi ke-17 dengan 34 poin. Mereka dipastikan selamat dari degradasi dan tetap berkiprah di Serie A musim depan. Rekor mereka dalam sembilan laga terakhir pun terbilang brilian. Bagaimana tidak. Mereka mengumpulkan 20 poin dari sembilan laga. Jika dibandingkan, tim juara Juventus saja hanya mampu mengumpulkan 18 poin dari sembilan laga terakhir Serie A.

Crotone benar-benar memperlihatkan performa yang menawan sepanjang laga ini. Tiga gol mereka dibuat oleh Andrea Nalini dan Diego Falcinelli. Nama pertama bahkan mencetak dua gol. Gol semata wayang Lazio dibuat lewat titik putih melalui Ciro Immobile.

Lantas, siapa yang menangis pada laga pamungkas? Tentu saja Empoli. Pada pekan ke-37, Empoli masih berada di atas Crotone dengan 32 poin. Sedangkan Crotone mengemas 31 poin. Namun, secara mengejutkan Empoli kalah 1-2 di kandang Palermo yang sudah terdegradasi.

Dan, Empoli yang harus meratapi nasib terdegradasi ke Serie-B. Empoli menyusul dua tim yang terlebih dahulu dipastikan terdegradasi yakni Palermo dan Pescara. Ketiganya pada musim depan harus berkiprah di Serie-B.

Drama selanjutnya tentu saja terjadi dalam laga AS Roma kontra Genoa. Dalam laga yang dimenangkan Roma dengan skor 3-2 itu, menjadi laga terakhir Il Capitano Francesco Totti berkostum I Lupi, julukan Roma. Totti dipastikan tak akan bertanding kembali pada musim depan dengan kostum Roma.

Akan tetapi, belum tahu apakah Totti akan pensiun atau masih ingin bermain. Pastinya, Totti tak lagi menjadi bagian dari Roma. Sementara itu, AC Milan menutup Serie-A musim ini dengan kekalahan di markas Cagliari.

Ini kekalahan pertama Milan dari Cagliari di pentas Serie-A sejak 1998-1999. Sedangkan Internazionale Milan mampu mengakhiri musim ini dengan kemenangan telak 5-2 atas Udinese. Dengan berakhirnya Serie-A musim ini, Italia mengirimkan enam tim ke pentas Eropa. Juventus, Roma, dan Napoli ke Liga Champions, sedangkan Atalanta, Lazio, dan AC Milan ke Liga Europa.(jpg)

Baca Juga