Beranda Metropolis

700 Napi Lewati Puasa di Bui

BERBAGI
JAGA IBADAH: Meski di penjara, para napi Lapas Paledang tetap rutin menjalankan ibadah.

BOGOR–Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan menjadi momentum tersendiri bagi penghuni Lapas Kelas II A Paledang, Bogor. Di dalam hotel prodeo itu, penghuninya mendapatkan santapan rohani yang luar biasa.

Kasubsi Bimkemaswat Lapas Paledang, Bhanad Shofa mengatakan, pembinaan rohani nantinya akan diikuti kurang lebih 700 warga binaan yang beragama Islam, dari total 850 warga binaan di Lapas Kelas II A Kota Bogor.

“Kegiatan pembinaan rohani meliputi pengajian, tata cara berpuasa, serta akan ada tausiyah dan pemberian materi dari kementerian agama dan lembaga Dompet Dhuafa. Dilaksanakan setiap hari, mulai pukul 09.00–11.30,” ujarnya kepada Radar Bogor kemarin (29/5).

Selain itu, lanjut Bhanad, tak ketinggalan dengan salat Tarawih untuk warga binaan. Namun, dilakukan secara bergantian. Sebab, masjid di lapas rupanya tidak mampu menampung semua narapidana. “Jadi, tarawih itu bergantian karena tidak memenuhi kuota. Sekali tarawih hanya cukup 300 orang, begitu seterusnya secara bergantian. Setelah itu, warga binaan juga diajak tadarus, mulai pukul 21.00 hingga 22.00,” tukas Bhanad.

Tak hanya itu, kata dia, Lapas Kelas II A Kota Bogor pun akan mengadakan Safari Ramadan. “Seperti tahun lalu, ada buka pasa bersama dan tim marawis juga kami sediakan untuk mengisi acara,” ungkapnya.(wil/c)

Baca Juga