25 radar bogor

Borussia Dortmund Hapus Kutukan

 

BORUSSIA Dortmund akhirnya menghapus kutukan final DFB Pokal. Sebelum ini, Dortmund tiga kali beruntun gagal meraih juara. Mereka kalah di final DFB Pokal 2013-2014, 2014-2015, dan 2015-2016.

Akan tetapi, musim ini kutukan itu telah dikubur. Tampil di final menghadapi Eintracht Frankfurt, Minggu (28/5), Dortmund menang dengan skor 2-1 dalam laga di Olympiastasion, Berlin.

Trofi ini menjai obat pelipur lara setelah gagal bersaing di pentas Bundesliga 1. Dortmund harus puas berada di peringkat ketiga di bawah Bayern Muenchen sebagai juara Bundesliga 1 dan RB Leipzig.

Selain itu, bagi Pelatih Thomas Tuchel, ini trofi pertamanya selama berkiprah sebagai pelatih. Pada musim keduanya bersama Die Borussen -julukan Dort- mund, dia akhirnya mampu merasakan gelar juara.

Meski begitu, tak mudah bagi Dortmund untuk meraih gelar juara ini. Mereka memang sempat unggul cepat pada menit 8 usai Ousmane Dembele membobol gawang Frankfurt yang dijaga Lukas Hradecky. Dembele mendapat umpan dari Lukasz Piszczek.

Hanya saja, pada menit 29, Ante Rebic mampu membawa Frankfurt menyamakan kedudukan. Dia memanfaatkan umpan yang diberikan Mijat Gacinovic. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Dortmund baru bisa memastikan kemenangan pada menit 67. Itu pun berasal dari titik putih usai Christian Pulisic dilanggar di area terlarang Frankfurt. Pierre-Emerick Aubameyang yang maju sebagai algojo penalti sukses menggetarkan jala gawang Hradecky.

Dortmund unggul 2-1.

Dortmund pun berhasil menjadi juara DFB Pokal musim ini. Total, Dortmund juara di ajang ini sebanyak empat kali yakni pada 1964-1965, 1988-1989, 2011- 2012, dan 2016-2017.

Kemenangan ini juga telah mengubah pemikiran Thomas Tuchel. Ia ingin tetap menukangi Die Borussen, julukan Dortmund. Trofi DFB Pokal musim ini merupakan gelar pertama Tuchel sepanjang berkiprah sebagai pelatih.

“Ya, saya ingin tetap bersama Dortmund. Namun, saya tak bisa memastikannya karena semua tergantung direksi klub,” beber Tuchel kepada Sky Sports.(jpg)