Beranda Olahraga All Sport

Semua Hanya tentang Alonso

BERBAGI
PERDANA: Alonso saat menjajal jet daratnya sebelum mengaspal pada balapan pertamanya di Indy500. Pada sesi latihan tersebut, Alonso mencatat kecepatan rata-rata 226,608 mil per jam

INDIANAPOLIS–Fernando Alonso sudah sangat siap menghadapi balapan pertamanya di Indy500. Pada sesi latihan terakhir yang berakhir dini hari kemarin pembalap Spanyol tersebut kembali menempatkan diri di posisi lima besar pembalap tercepat. Alonso mencatat kecepatan ratarata 226,608 mil per jam atau 364,690 kilometer per jam.

Catatan kecepatannya itu hanya berselisih 0,1342 mil per jam (251 meter per jam) dari pembalap tercepat Helio Castroneves dari Team Penske. Alonso menyelesaikan 32 lap total dan memimpin sesi latihan cukup lama. Pada sesi latihan terakhir yang berlangsung satu jam tersebut, para pembalap sudah melakukan semacam geladi bersih atau melakukan simulasi balapan.

Mereka menggeber mobil di tengah traffic dan udara yang kotor. Tim­tim besar seperti Andretti dan rivalnya Penske menurunkan pembalapnya dalam jumlah besar untuk menyimulasi kondisi balapan sebenarnya.

Alonso juga tampak percaya diri melakukan overtaking dan berkali­kali melakukannya dalam kurun waktu satu jam tersebut. Sesi latihan sempat terganggu karena inspeksi trek setelah ditemukan beberapa potongan ban yang terlepas. Selain itu James Hinchcliffe juga mengalami masalah pada mesin dan mengakibatkan sesi dihentikan sejenak.

IndyCar kemudian memperpanjang sesi latihan selama lima menit untuk memberikan waktu tam ba han bagi pembalap yang kehila ngan kesempatan beberapa lap. Gema balapan Indy500 tak tertahankan karena Alonso. Sudah pukuk 01.00 dini hari ketika di langit Indianapolis tampak kelap­kelip sinar dari lampu pesawat kecil mendekati runway di jalur menuju hanggar jet pribadi. Di luar bandara kumpulan fans berkumpul dengan sangat antusias. Jika Alonso menganggap kedatangannya dini hari tersebut tidak dikenali orang, dia salah. Alonso mania di Amerika sudah menanti kedatangannya jelang sesi latihan terakhir Indy 500.

Akun Twitter Bos McLaren Zak Brown mengunggah gambar di mana puluhan fans sudah menanti untuk meminta tandatangan Alonso. ”Fernando Alonso di Indy 500 menjadi berita besar di sini,’’ tulis Eric Smith penulis ternama IndyCar di situs Raca eview Online. ”Di setiap TV dan radio semuanya memberitakan Fernando. Pembalap peserta lainnya menyebut diri mereka sendiri sebagai “32 yang lain”.

Dalam jumpa pers, mereka juga hanya ditanya pertanyaan yang ada hubungannya dengan Alonso, ini adalah kejutan besar,’’ tambahnya. Alonoso akan memulai balapan dinihari nanti dari posisi kelima. Diperkirakan sekitar 500 ribu orang akan menyaksikan secara langsung di Indianapolis Motorway Speed.(cak)

Komentar Anda

Baca Juga