Beranda Olahraga Kickers

Restorasi City Langsung Dimulai

MANCHESTER–Musim pertama Josep Guardiola di Manchester City benarbenar hancur. Padahal saat bersama Barcelona maupun Bayern Muenchen, Pep selalu memperoleh trofi pada musim pertamanya. Karena itulah maka upaya pelatih jenius mengembalikan pamornya langsung dimulai sejak bulan ini. Sepekan setelah Premier League 20162017 berakhir Guardiola langsung membangun pasukan buat musim depan.

Kemarin (27/5) City mengumumkan rekrutan pertamanya musim 20172018 ini. Yakni gelandang serang asal AS Monaco Bernardo Silva. Pemain berusia 22 tahun tersebut ditebus The Citizens, julukan City, seharga GBP 43 juta (Rp732,25 miliar) untuk durasi lima musim. “Ini sungguh hebat, jujur saja saya saat ini bergabung dengan salah satu tim terhebat di dunia. Bisa menjadi bagian klub ini dan mendapat pengalaman ini sungguh luar biasa,” kata Silva seperti diberitakan Goal kemarin.

Silva akan memakai nomor punggung 20 di City ini. Pemain berparpor Portugal tersebut berambisi kembali meraih sukses setelah musim 2016-2017 bersama Monaco meraih kampiun Ligue 1, runners-up Coupe de la Ligue, dan semifinal Liga Champions.

Faktor adanya Guardiola di tubuh City harus diakui mantan pemain Benfica tersebut adalah daya pikat utama. Meski musim ini berakhir dengan nir trofi, toh Guardiola masihlah salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. “Tentu saja ketika Anda punya kesempatan dilatih oleh Guardiola, kamu tak mungkin berkata tidak.

Semua tahu apa yang telah dilakukannya di Barcelona dan Bayern sungguh luar biasa juga semoga kami bisa memenangi titel,” tutur Silva. “Ini sungguh luar biasa memiliki kesempatan bekerja sama dengan Guardiola,” tambah Silva. Dengan datangnya Silva musim ini maka akan ada dua Silva di tubuh City.

Silva lainnya, David Silva, sudah berusia 31 tahun dan bergabung dengan City sejak 2010 lalu. Meski belum akan hengkang namun kedatangan Silva baru ini jelas membikin gundah Silva yang lama.

Musim ini, City seperti sudah diprediksi melakukan cuci gudang. Pablo Zabaleta yang habis masa kontraknya bergabung dengan West Ham. Kemudian Jesus Navas, Bacary Sagna, Gael Clichy, Willy Caballero, dan Billy O’Brien yang berstatus free agent belum mendapatkan naungan baru. Nah, dengan kedatangan Silva ini maka ada beberapa opsi posisi yang sangat mungkin diberikan Guardiola kepadanya.

Goal menjelaskan misalnya jika dimainkan di winger kanan dalam formasi 4-3-3, maka Silva akan jadi trisula bersama Sergio Aguero dan Leroy Sane.(jp)

Baca Juga