Beranda Berita Utama

Sore Ini Sidang Isbat Awal Puasa

BERBAGI

JAKARTA– Sidang Isbat unt uk menentukan awal Rama dan 1438 H bakal digelar hari ini (26/5). Kemen terian Agama (Kemenag) akan mengu ndang sejumlah inst ansi yang selama ini turut berkepentingan untuk menent ukan awal puasa itu.

Kemenag dalam situs resminya berencana mengun dang duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, dan Majelis Ulama Indonesia. Selain itu, turut pula diundang Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, dan pakar Falak dari Ormas-ormas Islam.

Pejabat eselon I dan II di ling kungan Kemenag serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama juga akan hadir dalam sidang tersebut. Sidang rencananya digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

 

Plt Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menuturkan, berdasarkan sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan umat Islam Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan. Oleh sebab itu, semua ormas Islam dan instansi yang terkait diundang dalam sidang tersebut. ”Hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” ujar dia dalam keterangan resmi Kemenag.

Sesuai rencana, sidang isbat akan dimulai pukul 17.00 WIB. Sidang tersebut diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1438 H. Sidang prosesi sidang isbat setelah Salat Magrib. Hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan juga akan dilaporkan terlebih dahulu. ”Sidangnya tertutup, sebagaimana isbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang,” sambungnya.

Kamaruddin menambahkan, Kemenag akan menurunkan pemantau hilal Ramadan 1438 H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kemenag tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Petugas tersebut akan bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam, instansi terkait setempat. Sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah merilis bahwa mereka akan menga wali puasa pada Sabtu (27/5). Hasil itu sesuai “hisab
hakiki wujudul hilal” Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Diprediksi posisi hilal yang cukup tinggi sekitar tujuh derajat sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang. Sangat dimungkinkan awal puasa antara yang ditetapkan Muhammadiyah dan Kemenag akan bersamaan. Yakni, dimulai Sabtu (27/5). (jun)

 

 

Komentar Anda

Baca Juga