Beranda Berita Utama

Alumni IPB Usung Tiga Balon Rektor

BOGOR–Penjaringan bakal calon rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) lewat jalur Himpunan Alumni (HA) akhirnya mengerucut. Dari lima peserta, panitia akhirnya telah menetapkan tiga nama peserta konvensi yang dinyatakan layak untuk diusung ke bursa calon Rektor IPB periode 2017-2022. Ketiga nama tersebut adalah Bayu Krisnamurti, Rinekso Soekmadi, dan Prof Wiku Adisasmito. Ketiganya lolos setelah melalui seleksi uji kompetensi sebagai saringan untuk maju ke konvensi yang digelar HA IPB akhir pekan lalu, (20/5).

Ketua Panitia Penyelenggara Konvensi Bakal Calon Rektor IPB, Iriana Muadz mengatakan, ketiga nama tersebut terpilih berdasarkan uji kompetensi oleh Daya Dimensi Indonesia (DDI), yang merupakan lembaga assessment center terakreditasi bertaraf internasional. “Uji kompetensi ini meliputi visionary leadership, courage of conviction, change leadership, managing diversity, business acumen, managing performance, innovation and creativity, driving execution, empowering others, dan integrity,” ujarnya.

Selain itu, ada pula penilaian dari sebelas panelis yang ahli di bidangnya, mulai dari Pendiri Rumah Perubahan Prof Rhenald Kasali dan Bapak Teknologi Pangan Indonesia FG Winarno yang selama 30 tahun menjabat sebagai ketua lembaga International CODEX, Sesjen Watannas, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Bupati Bogor Nurhayanti yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bogor. “HA IPB dengan bangga mempersembahkan putra terbaik IPB untuk almamater demi menjawab tantangan masa depan pertanian Indonesia dan peran IPB di abad teknologi digital,” ujar Iriana.

Setelah pengumuman resmi ini, sambung Iriana, DPP HA
IPB akan memperkenalkan secara terbuka tiga bakal calon rektor yang lolos konvensi melalui konferensi pers yang akan diselenggarakan pada 28 Mei 2017 pukul 16.00 di Gedung Alumni Bogor. “Direncanakan, tanggal 30 Mei 2017, ketiga nama tersebut akan didaftarkan oleh HA IPB ke Panitia Pemilihan Rektor (PPR) IPB,” tambahnya.

Kemudian, kata Iriana, PPR IPB akan memeriksa kelengkapan administrasi bakal calon Rektor IPB yang juga diusulkan oleh fakultas, program diploma, sekolah bisnis dan tenaga kependidikan, pada 2 Juni hingga 20 Juli mendatang. “Dan puncaknya, tanggal 15 November akan dilaksanakan pemilihan rektor IPB untuk periode kepemimpinan 2017–2022 oleh Majelis Wali Amanat (MWA) IPB,” tandasnya. (wil/c)

 

Baca Juga