Beranda Pendidikan

Ribuan Peminat Ikuti UMPN Politeknik

BERBAGI
SERIUS: Para peserta mengerjakan soal.

JAKARTA–Udara pagi yang dingin tidak menyurutkan langkah para peserta UMPN 2017 mengikuti ujian di Politeknik Negeri Jakarta. Sebanyak kurang lebih enam ribu peserta telah memadati gedung Politeknik Negeri Jakarta semenjak pukul 06.00 WIB. Seperti yang dikatakan Ketua UMPN Politeknik Negeri Jakarta Fachrudin, tahun ini jumlah peserta meningkat. “Sebetulanya sih banyakan dulu. Tapi begitu pendaftaran mau tutup, yang daftar langsung membeludak, jadi sepertinya lebih tinggi tahun ini,” ujar Fachrudin di gedung serbaguna Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta, Sabtu (20/05).

Selain ketua UMPN Politeknik, salah satu Sekjur Politeknik Negeri Jakarta Susilawaty juga mengatakan bahwa antusiasme peserta pada tahun ini meningkat drastis dari tahun lalu. “Tahun ini yang daftar di atas enam ribu peserta. Menurut saya, animo tahun ini sangat besar sih dibandingkan dengan tahun lalu yang bahkan enggak mencapai lima ribu peserta,” ujar Susy di Gedung Teknik Grafika.

Banyak di antara peserta datang seorang diri dan ada juga yang diantar oleh orang tua dan sanak saudara. Seperti dilakukan salah satu peserta UMPN, Rizky Habib Satrio. Siswa lulusan SMAN 24 Jakarta, ini sangat antusias dengan ujian UMPN yang berlangsung pada hari ini. “Saya sih antusias banget sama tes PNJ,persiapan yang saya lakukan juga lamas juga, kurang lebih tiga bulan lah,” ujar Rizky ditemui di kantin teknik.

Sementara itu, salah satu dari pengawas UMPN Cristyna mengatakan, ia senang memiliki kesempatan untuk mengawas UMPN di Politeknik Negeri Jakarta. “Soalnya suasana kelas waktu peserta sedang mengerjakan soal kondusif,tertib, dan konsen dengan soal yang sedang mereka kerjakan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, salah satu orang tua yang ikut mengantar anaknya mengikuti ujian UMPTN, Haryati, juga begitu antusias dengan ujian yang sedang diikuti oleh anaknya hari ini. Karna ini juga kali pertama bagi anaknya mengikuti tes masuk perguruan tinggi. “Iya ini pertama kali buat saya dan anak saya juga. Saya sih menaruh harapan besar sama tes PNJ ya. Karena sebelumnya anak saya juga sudah ikut SNM tapi sayang belum rezeki. Semoga kali ini dapet lah,” ujarnya.

UMPN dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Politeknik Negeri Jakarta juga telah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang pelaksanaan UMPN.(*ami)

Baca Juga