Beranda Olahraga Kickers

BYE-BYE CHAMPIONS Gagal untuk Pertama Kalinya


LOLOS: (Atas-bawah) Antonio Contre, Mauricio Pochettino, Pep Guardiola, dan Jurgen Klopp, melakukan selebrasi usai lolos ke Liga Champions musim depan. Sementara pelatih Arsenal, Arsene Wenger (kanan atas), hanya bisa pasrah timnya tidak lolos.

LONDON–Empat klub terbaik Premier League, Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, dan Liverpool, berhak lolos ke Liga Champions musim depan. Tiga teratas lolos otomatis ke fase grup, sementara Liverpool harus memulainya dengan playoff.

Dari musim Premier League 2016-17 ini, beragam rekor telah tercipta. Di antaranya yang unik adalah soal Arsenal. The Gunners memang mencatat rekor buruk klub, gagal finis di empat besar, pertama sejak 21 tahun lalu. Namun Arsenal juga mencatat torehan apik.

Statistik Opta mencatat, Arsenal men catat rekor baru sebagai klub di era Premier League (sejak 1992) yang finis di posisi kelima dengan poin tertinggi, 75 poin. Mereka pun dipastikan gagal berkom petisi di Liga Champions musim depan. Kegagalan ini merupakan pertama kalinya bagi The Gunners sejak 20 tahun terakhir.

Mereka memang mengalahkan Everton 3-1, tapi kemenangan Liverpool membuat hasil mereka menjadi sia-sia. Manajer Arsene Wenger pun angkat bicara. Dia mengaku bahwa hasil ini jelas sangat mengecewakan dan membuat banyak orang frustrasi.

“Sangat frustrasi gagal menembus empat besar. Akhirnya semua ditentu?kan satu poin. Tapi, secara total raihan kami cukup baik dalam beberapa tahun terakhir. Kami pada akhirnya berhasil menang di laga ini meski bermain dengan 10 orang,” ujarnya setelah laga.“Hal ini memang memalukan, keadaan sepanjang musim ini terbilang sulit secara tim dan situasi personal saya pribadi. Kami bermain di kondisi yang kurang nyaman. Tapi, para pemain comeback setelah krisis dan saya bangga terhadap mereka,” tambah dia.

Pada laga ini, Laurent Koscielny terkena kartu merah dan dipastikan tak tampil pada final Piala FA menghadapi Chelsea. Wenger pun berkomentar kembali.

“Tekel Koscielny sangat keras dan kami menerima putusan yang diambil wasit. Cedera Gabriel juga terlihat serius dan sepertinya tak bisa bermain dalam waktu dekat. Kehilangan dua bek tengah menjadi sebuah masalah bagi kami,” pungkas dia.(rap/jpg)

Baca Juga