Beranda Olahraga All Sport

Penutupan Sempurna Monaco

JERMAN–Bundesliga 1 musim 2016-2017 resmi berakhir. Juara memang sudah ditentukan beberapa pekan lalu di mana Bayern Muenchen kembali menjadi kampiun. Tapi, pekan terakhir ini diwarnai banyak hal emosional penuh drama.

Bayern berhasil membantai Freiburg 4-1. Hal ini membuktikan mereka terus tampil serius meski sudah dipastikan juara cukup lama.

Sorotan malah datang kepada Philipp Lahm dan Xabi Alonso. Kedua tim memainkan laga terakhirnya sebelum gantung sepatu. Tak ayal apresiasi besar diberikan fans Bayern kepada kedua pemain yang dinilai punya kualitas tinggi di sepak bola modern.

Tak berhenti di sana, Borussia Dortmund juga memastikan satu posisi di Liga Champions setelah menang dramatis atas Werder Bremen 4-3. Penalti menit terakhir Pierre-Emerick Aubameyang benar-benar membuat Dortmund finis di peringkat tiga klasemen sementara Hoffenheim harus menerima hasil imbang 0-0 dan masuk fase kualifikasi Liga Champions.

Aubameyang mencetak dua gol pada laga ini dan melewati Robert Lewandowski serta memastikan diri sebagai top skorer. Hal menarik lain yang terjadi pada pekan terakhir ini adalah ketika Hamburger SV lagi-lagi selamat dari zona degradasi.

Tim ini memang acap berada di zona merah dalam beberapa tahun terakhir tapi selalu mampu lolos. Menariknya Hamburg menghadapi VfL Wolfsburg yang notabene adalah tim kuda hitam dalam beberapa tahun terakhir tapi merosot performanya pada musim ini. Pada laga itu, Hamburg memastikan kemenangan dramatis lewat gol penentu juga di menit terakhir.

Kemenangan yang membuat mereka lepas dari zona play-off degradasi dan Wolfsburg yang menggantikan mereka di pos play-off itu.(jpg)

Baca Juga