25 radar bogor

Medali Olimpiade Dikembalikan

PRESTASI: Atlet Indonesia menunjukkan medali saat menang di Olimpiade Rio.

SEBANYAK 130 medali Olimpiade Rio De Janeiro 2016 dipulangkan ke pihak penyelenggara karena mengalami kerusakan. Di antaranya, ada pula medali Paralimpiade Rio 2016.

Dilansir Reuters, medali-medali itu dikembalikan karena berkarat atau muncul bercak hitam di lapisannya. Sebagian besar yang dikembalikan adalah medali perunggu. Kini, medali-medali itu sedang diperbaiki oleh perusahaan pembuatnya, Brazillian Mint.

“Umumnya kerusakan terjadi karena jatuh atau salah penanganan, sehingga lapisannya terkelupas dan berkarat atau menghitam di titik kerusakannya,” kata perwakilan pihak penyelenggara, Mario Andrada kepada Reuters.
“Hal kedua adalah, dalam jumlah kecil, sekitar 10, bermasalah dengan suhu yang terlalu dingin,” ujar Andrada, menambahkan bahwa kasus pertama muncul pada pada Oktober lalu dan menyebut masalah itu merupakan hal yang lumrah.

Brazilian Mint akan memperbaiki setiap kerusakan dan mengembalikannya ke para atlet. Total 2.488 medali diproduksi untuk Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016, ditambah ratusan untuk Paralimpiade. Medali perak dan perunggu dibuat menggunakan 30 persen bahan daur ulang.(ira/jpg)