Beranda Berita Utama

Lima Balon Rektor Bertarung

BERBAGI

BOGOR–Masa jabatan Rektor Ins- titut Per tanian Bogor (IPB) Prof Herry Suhar diyanto segera berakhir. Dewan Pengurus Pusat Him punan Alumni (DPP HA) IPB, bergegas menggodok nama-nama kandidat bakal calon (balon) rektor yang akan memimpin IPB untuk lima tahun ke depan.

Nama-nama itu akan diumumkan secara resmi, dalam konvensi hari ini.
“Kami diberi amanat mengusulkan dan memperjuangkan calon rektor IPB,” ujar Ketua DPP HA IPB, Bambang Hendroyono, dalam undangan resmi yang diterima Radar Bogor kemarin (19/5).

Bambang mengatakan, pemilihan balon rektor IPB berdasarkan sejumlah kriteria persyaratan yang telah ditentukan oleh Panitia Pemilihan Rektor IPB. Serta kriteria tambahan dari himpunan alumni untuk mendapatkan balon rektor.

“Yang memimpin ‘IPB for Change’. HA IPB akan menggelar proses konvensi dan penilaian oleh konsultan independen,” katanya. Konvensi sendiri digelar di Hotel Grand Savero, Jalan Pajajaran, No 27, Kota Bogor, mulai pukul 14.00 WIB hari ini (20/5).

HA IPB telah menetapkan lima kandidat bakal calon rektor yang akan mengikuti konvensi. Lima kandidat tersebut dianggap layak mengikuti konvensi setelah melalui beberapa tahapan, termasuk uji kompetensi yang dilakukan Daya Dimensi Indonesia, Assessment Center yang terakreditasi secara internasional.

Lima kandidat bakal calon rektor IPB yakni Prof. Drh. Wiku Bakti Bawono Adi Sasmito, MSc, PhD; Prof. Damayanti Buchori; Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec; Dr. Rinekso Soekmadi, MSc.F.Trop; dan Dr. Bayu Krisnamurti.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina HA IPB, Nurcahyo Adi mengatakan, konvensi BCR IPB 2017–2022 dilakukan HA IPB untuk memperoleh dan mengusulkan kandidat terbaik dari para alumni. BCR IPB 2017–2022 jalur konvensi HA IPB, diakuinya, merupakan satu-satunya yang dilakukan IPB dan pertama kali oleh HA IPB. Dia berharap konvensi tersebut menjadi proses objektif menjaring kandidat terbaik dari berbagai alumni yang diusulkan fakultas, DPP, DPD serta perseorangan.

Konvensi BCR IPB melalui lima tahapan mekanisme. Tahap pertama mulai 1–10 Mei 2017, yakni proses pendaftaran peserta konvensi BCR IPB, dan undangan konvensi. Peserta konvensi BCR IPB jalur HA IPB dapat diajukan oleh tingkat DPP dan DPD, fakultas serta perseorangan.

Tahap kedua, rapat seleksi penetapan peserta konvensi BCR IPB oleh panitia dari HA IPB pada 11 Mei 2017. Peserta konvensi BCR IPB yang memenuhi syarat administrasi maka masuk tahap berikutnya yang diumumkan 12 Mei 2017.

HA IPB nantinya menetapkan sembilan kriteria tambahan yang tidak melanggar syarat administrasi dari Panitia Pemilihan Rektor (PPR) IPB. Kesembilan kriteria tersebut di antaranya, peserta konvensi BCR IPB jalur HA IPB harus memiliki kompetensi visionary leadership, change leadership, business acumen, managing performance, innovation and creativity, driving execution, empowering others, embrace diversity, dan self integrity.

Kemudian tahap ketiga, uji kompetensi peserta konvensi BCR IPB pada 16 Mei dan hasilnya diumumkan 18 Mei 2017.

Tahap keempat yakni konvensi pada 20 Mei 2017. Lalu pada tahap kelima, panelis melakukan rapat penentuan pada 21 Mei untuk menetapkan tiga orang BCR IPB jalur HA IPB yang nantinya didaftarkan ke PPR IPB pada 29 Mei 2017.

Pada konvensi BCR IPB, peserta harus memaparkan visi misi program kerja Rektor IPB 2017–2022 di hadapan panelis yang berasal dari internal IPB, alumni, wakil orang tua, legislatif, unsur pemerintahan, TNI, jurnalis dan lembaga lainnya. (don/c)

Komentar Anda

Baca Juga