Beranda Olahraga Bogor Soccer

Federer Absen di Prancis Terbuka

BERBAGI
ABSEN : Roger Federer (kanan), bersama Andy Murray (kiri), saat berlatih di lapangan atas danau.

MANTAN petenis nomor satu dunia, Roger Federer, membuat keputusan
absen di ajang Prancis Terbuka pada 28 Mei mendatang. Dengan demikian, Federer absen dua musim berturut?turut di turnamen grand slam tanah liat tersebut.

Keputusan diambil setelah pengoleksi 18 titel grand slam itu berlatih di
lapangan tanah liat beberapa hari terakhir. Setelah melakukan evaluasi, Federer akhirnya memutuskan bakal absen secara penuh di turnamen lapangan tanah liat musim ini.

“Saya sudah berusaha sangat keras baik di dalam dan di luar lapangan selama satu bulan terakhir. Namun berdasarkan pengalaman tampil di ajang-ajang ATP untuk waktu yang lama, saya rasa mundur di seluruh ajang tanah liat adalah keputusan terbaik,” sebut petenis 35 tahun tersebut.

Tahun lalu Federer juga melewatkan turnamen tersebut lantaran masih mengalami cedera punggung dan lutut yang membuatnya mengakhiri musim lebih cepat.

Juara Prancis Terbuka edisi 2009 itu sekaligus menjadi petenis pertama sejak 1996 yang absen di Prancis Terbuka setelah di awal musim memenangi ajang grand slam Australia Terbuka. Kali terakhir petenis yang juga melakukan hal serupa adalah Boris Becker.

Federer sendiri kali terakhir tampil di lapangan musim ini adalah pada 2
April lalu. Itu setelah dia memenangi trofi ketiga sepanjang 2017 dengan menjuarai turnamen Miami Open. Kemenangan tersebut membuat rekornya musim ini menjadi 19-1.

Federer kini memusatkan perhatian kepada dua grand slam tersisa, yakni Wimbledon dan Amerika Serikat (AS) Terbuka. Untuk itu, Federer dijadwalkan kembali tampil pada 12 Juni mendatang di ajang lapangan rumput Stuttgart Open. Setelah itu, dia juga langsung tampil di Halle Open pada 19 Juni. Setelah tampil di Halle, Federer langsung tampil di Grand Slam Wimbledon yang mulai pada 3 Juli.

“Saya memulai musim dengan luar biasa. Meski demikian, mengatur jadwal (turnamen yang diikuti) akan menjadi kunci untuk mempertahankan permainan terbaik dalam waktu yang lama,” jelas Federer.

Absennya Federer membuat Rafael Nadal makin diunggulkan di Prancis Terbuka. Petenis yang sudah memiliki 9 gelar di Roland Garros itu datang dengan begitu perkasa. Pasalnya, dia baru memenangi tiga turnamen tanah liat secara beruntun,  Monte Carlo Masters, Barcelona Open, dan Madrid Open.(irr/ira/jpg).

 

Komentar Anda

Baca Juga