25 radar bogor

MANCHESTER CITY, LIVERPOOL, ATAU ARSENAL

TANGGUNG: Yaya Toure melakukan selebrasi usai mencetak gol. REUTERS

 

INGGRIS–Persaingan memperebutkan tiket Liga Champions dipastikan sengit hingga pekan terakhir Premier League. Bahkan, bukan mustahil untuk menentukannya harus dilakukan duel play-off.

Hingga kini, baru dua tim yang sudah memastikan tiket ke fase grup Liga Champions, yakni Chelsea selaku juara dan Tottenham Hotspur yang sudah pasti finis di posisi kedua. Sementara itu, tersisa masing-masing satu tiket untuk fase grup dan babak play-off yang kini diperebutkan tiga tim, yakni Manchester City, Liverpool, dan Arsenal.

Manchester City di atas angin setelah menang 3-1 atas West Bromwich Albion,
Rabu (17/5) dini hari WIB. Pada saat bersamaan, Arsenal menjaga asa usai menang 2-0 atas Sunderland di Stadion Emirates.

Dengan hasil itu, Manchester City bertengger di posisi ketiga dengan 75 poin, Liverpool di urutan keempat dengan 73 poin, disusul Arsenal yang mengoleksi 72 poin dan berada di peringkat kelima atau di luar zona Liga Champions.

Dengan sisa satu laga, masih ada peluang Arsenal menyamai perolehan poin Manchester City . Dengan kata lain, ketiga tim masih punya peluang dan akan menentukan nasib mereka masing-masing pada laga pamungkas yang digelar serempak pada Minggu (21/5).

Jika ketiganya sama-sama menang, berarti posisi saat ini tak berubah dan Manchester City berhak ke fase grup Liga Champions, sedangkan Liverpool ke babak play-off. Menariknya, selain penentuan melalui jumlah poin, selisih gol, atau jumlah memasukkan, ada lagi opsi digelarnya pertandingan play-off.

Berdasarkan regulasi Premier League, duel play-off bisa digelar jika ada dua tim memiliki jumlah poin, selisih gol, dan gol memasukkan yang sama persis. Kemungkinan ke arah sana memang tipis, tapi bukan mustahil terjadi di antara ketiga tim.
“Jika pada akhir musim, baik juara liga, degradasi, atau kualifikasi untuk kompetisi lain, tidak bisa ditentukan karena ada dua atau lebih klub dengan kesamaan poin, selisih gol, dan gol memasukkan, klub yang bersangkutan harus memainkan satu atau lebih pertandingan play-off di tempat netral. Format, tempat, dan waktu, akan ditentukan oleh dewan,” bunyi peraturan Premier League.(jpg/dkw).