Beranda Metropolis

PKK Luncurkan Sekolah Ibu

BERBAGI

BOGOR–Tim Penggerak PKK Kota Bogor secara resmi meluncurkan Sekolah Ibu hari ini (17/5). Sekolah Ibu diran cang khusus sebagai program PKK Kota Bogor untuk mewujudkan rumah tangga yang aman dan nyaman. “Sekolah Ibu akan didirikan di enam kecamatan di Kota Bogor. Sekolah ini akan menyasar ibu yang memiliki anak dengan usia sekolah,” ujar Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian. Sekolah Ibu, kata dia,diharapkan menjadi sarana meningkatkan pengetahuan ibu dalam mendidik anak dan menciptakan ketahanan keluarga. Selain itu, Sekolah Ibu didirikan untuk menindaklanjuti maraknya fenomena pernikahan dini.

“Sekolah Ibu penting didirikan guna meningkatkan ketahanan keluarga dan menciptakan generasi muda yang berkualitas melalui peran ibu. Peran ibu perlu ditingkatkan untuk mewujudkan ruma aman dan nyaman bagi anak dan keluarga. Besarnya tanggung jawab ibu atas pola pengasuhan anak di rumah mendorong PKK Kota Bogor berinovasi dengan membentuk Sekolah Ibu,” jelas Yane.

Rencananya, peluncuran Sekolah Ibu akan berlangsung di Gedung Bale Pakuan, BNR Bogor. Selain Sekolah Ibu, pada kesempatan yang sama juga diselenggarakan seminar tentang Membangun Kekokohan Keluarga dengan Memahami Otak dan Watak Pasangan.

“Rendahnya kualitas keluarga disebabkan oleh tidak optimalnya peran dan fungsi keluarga. Sebuah keluarga seharusnya memiliki fungsi agama, fungsi sosial dan budaya, fungsi cinta dan kasih, fungsi kesehatan dan reproduksi, fungsi perlindungan, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi lingkungan,” ucapnya.

Menurut Yane, fenomena saat ini memberikan gambaran mulai lunturnya fungsi keluarga. Setidaknya ada empat musuh keluarga yang menyebabkan rentannya ketahanan keluarga antara lain narkoba, pornografi, dampak negatif dari internet dan trafficking.

“Untuk berkontribusi aktif mewujudkan ketahanan keluarga di Kota Bogor, maka TP PKK Kota Bogor melaksanakan program sekolah Ibu, yang peluncurannya dilaksanakan bersamaan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Kota Bogor Ke-45 Tahun 2017,” tandasnya.(wil/*)

 

Baca Juga