Beranda Metropolis

Pipa Bocor, Picu Gangguan Layanan PDAM

BERBAGI
DIKURAS: Petugas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengecek
kondisi air PDAM di bilangan Cimanggu, kemarin (16/5).

BOGOR–Sudah beberapa hari ini, kualitas air PDAM Tirta Pakuan di wilayah Jalan Perikanan, Cimanggu dan sekitarnya dikeluhkan pelanggan. Mereka mengeluh air yang didapatkan di perumahan keruh dan kotor. Pelanggan juga mengeluhkan air yang kerap terhenti tanpa pemberitahuan. Usut punya usut, bocornya pipa di sekitar Jalan Perikanan Cimanggu diduga menjadi pemicu gangguan pelayanan air bersih PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. “Selain kebocoran pipa pemakaian tinggi pelanggan pada akhir pekan menyebabkan level reservoir Merdeka dan Pajajaran berada di bawah batas normal,” ujar Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana melalui Kepala Bagian Transmisi dan Distribusi (Trandis) Adi Gunadi.

Dia menjelaskan, dua reservoir PDAM sempat mengalami penurunan level pada Minggu (14/5). Pihaknya menduga, penurunan level ini akibat pemakaian tinggi di daerah Cimanggu dan sekitarnya, yang umum terjadi setiap akhir pekan.

Mengapa penurunan level reservoir Merdeka dan Pajajaran memengaruhi pelayanan ke pelanggan? Adi menjelaskan, tingkat level penampung air raksasa ini sangat menentukan kualitas dan kuantitas pasokan air bersih ke pelanggan. Jika level normal maka distribusi ke pelanggan akan baik, begitu pula sebaliknya.

“Kondisi normal reservoir Pajajaran dan Merdeka sekitar 100 cm. Kalau di bawah itu, kita patut waswas. Apalagi di kisaran 20–40 cm, endapan yang ada di dalam reservoir akan teraduk karena terjadi turbulensi. Nah, endapan ini terbawa ke pelanggan, sehingga air di dalam bak rumah pelanggan terlihat keruh,” papar Adi.

Jadi, dapat disimpulkan, gangguan layanan air bersih ke PDAM di daerah Cimanggu, Yasmin, Curug dan sekitarnya, akibat level reservoir Merdeka dan Pajajaran yang ngedrop. Pemicunya, akibat pemakaian tinggi ditambah pipa bocor di daerah Cimanggu.

Di sisi lain, Tim dari Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan didampingi petugas dari Sub Bagian Laboratorium melakukan pengurasan (flusing) di tiga titik hidran di daerah Cimanggu dan Jalan Johar sejak Minggu (14/5). Pengurasan dan pemeriksaan pun dilakukan di rumah-rumah pelanggan yang menyampaikan informasi melalui Call Center 24 jam PDAM Kota Bogor.

”Teman-teman penang- gulangan kebocoran berencana memperbaiki pipa bocor nanti malam (16/5). Insyaallah, jika sudah diperbaiki, pasokan air bersih ke daerah Cimanggu akan kembali normal,” kata Adi.

PDAM kata dia, menyam- paikan permohonan maaf atas terjadinya gangguan pelayanan di daerah Cimanggu dan sekitarnya. PDAM, lanjutnya, menyediakan pasokan air bersih melalui tangki bagi pelanggan yang membutuhkan. Caranya menghubungi Call Center 24 jam di nomor 0251- 8324111. (wil/c)

Komentar Anda

Baca Juga