Beranda Metropolis

Penerimaan Siswa Baru Dimulai Pekan Depan

BOGOR–Penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2017 akan dimulai pekan depan. Diurutkan dari mulai PAUD, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA). Kepala Dinas Pendidikan

(Disdik) Kota Bogor Fahrudin mengatakan, tahun ini, sekalipun pendaftaran SMA dilakukan secara online, tetap ada perbedaan dibanding tahun lalu. Pasalnya, tahun ini, SMA/ SMK sudah dikelola provinsi Jawa Barat (Jabar) sehingga kebijakannya akan lebih luas lagi dari sebelumnya yang hanya dikelola kota/kabupaten.

“Kalau waktu dikelola kota kan fokusnya terhadap siswa dari kota. Tapi, sekarang jangkauannya luas, bisa untuk siswa dari luar kota sekalipun tetap memper- hitungkan jaraknya,” ujarnya seusai briefing staf di Balaikota Bogor kemarin (16/5).

Hal berbeda juga berlaku pada seleksi masuk SMP tahun ini. Fahmi -sapaan akrabnya- menuturkan, tahun ini ujian SD sudah berstandar nasional, sehingga untuk Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan kota- kota lainnya akan berbeda. Hal tersebut membuat nilai evaluasi murni (NEM) siswa dari luar Kota Bogor tidak bisa menjadi alat ukur dan harus lebih dulu mengikuti tes.

“Kalau pendaftaran SMP jalur reguler yang berasal dari Kota Bogor cukup dilihat dari nilai ujiannya,” ucapnya.

Bagi pendaftaran SMP jalur prestasi (japres) dan keluarga miskin (gakin), lanjut Fahmi, juga akan diseleksi. Pertama yakni seleksi administrasi bagi siswa japres dan gakin. Setelah itu, akan dilakukan survei rumah bagi siswa gakin, sedangkan siswa japres diuji kompeten- sinya. Ada kuota 10 persen bagi japres dan 20 persen gakin di masing-masing sekolah.

“Semua pendaftaran tetap dilakukan online. Harapan kami, mudah-mudahan PPDB online tahun ini bisa lebih baik dan tanpa kendala,” pungkasnya. (wil/c)

Baca Juga