Beranda Pendidikan

Lulus, Siswa Al Nur Langsung Kerja

BERBAGI
WISUDA: Suasana kelulusan dan pelepasan siswa-siswi Yayasan Al Nur dari SMK, SMP, dan MA di Gedung Kesenian Kabupaten Bogor.

CIBINONG–Penyaluran kerja peserta didik setelah lulus diang- gap penting sekolah swasta di Kabupaten Bogor. Seperti yang dilakukan Yayasan Al Nur yang membuat sistem distribusi para wisudawan untuk bekerja.

“Para wisudawan sudah di- terima menjadi karyawan di beberapa perusahaan. Meski- pun banyak pula yang memu- tuskan untuk sekolah lagi ke jenjang perkuliahan,” tukas Pembina Yayasan Al Nur Cibi- nong Ida Farida Darwi usai membuka acara wisuda siswa SMK Motivasi Insani, SMP Al Nur dan MA Al Nur di Gedung Kesenian Kabupaten Bogor, kemarin (14/5).

Sebanyak 554 siswa diwisuda. Umumnya, para siswa yang diterima bekerja adalah siswa SMK Motivasi Insani usai ditetapkan lulus ujian nasional (UN). “Jadi bukan siswa kita yang melamar. Tapi perusahaannya yang meminta,” tutrnya.

Terpisah, Ratu Tanti Rizkia menerangkan, proses perkenalan antara perusahaan dan siswa terjadi saat siswa menjalani proses prakerin. Pembekalan keilmuan dan etika kerja dari sekolah pun mampu diterapkan oleh para siswa. Sehingga menjadi nilai positif bagi perusahaan.

“Saat prakerin mereka menunjukkan etika kinerja yang baik sehingga menjadi incaran perusahaan atau instansi,” kata dia.

Berbeda dengan para wisudawan SMA Al Nur, kata Ratu, sebagian besar mereka mem- persiapkan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu universitas. “Banyaknya (SMA, red) lanjut ke universi- tas. Walaupun ada yang akan bekerja sambil kuliah,” pung- kasnya. Begitu pun bagi para siwa SMP Al Nur. Umumnya mereka bersiap melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK.

Lebih lanjut ia menerangkan, Yayasan Al Nur menyiapkan lulusan yang kompeten agar siap bersaing di tengah ma- syarakat dengan menunjukkan kemampuan pribadi dan ak- hlakul karimah.

“Selain skill, para siwa juga dididik untuk berakhlak, sehingga dengan etika yang baik mereka memiliki daya tarik,” tegasnya.(Azi/c)

Komentar Anda

Baca Juga