Beranda Metropolis

Ratusan Stok Sembako Lebaran Gosong

BERBAGI
JADI ARANG: Petugas Damkar Kota Bogor berusaha memadamkan api di gedung sembako yang berada di kawasan Pasar Anyar, kemarin (12/5)

BOGOR–Gudang penyimpaan ratusan sembako untuk stok Lebaran di Pasar Anyar Bogor, ludes dilalap si jago merah kemarin (12/5). Api yang muncul dari lantai dua itu, sontak membuat para pedagang maupun pengunjung yang berada di sekitar lokasi berhamburan menyelamatkan diri.

Tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran pada siang buta itu. Namun, kerugian materiil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Satpol PP Kota Bogor, Marse Hendra Saputra mengatakan, dugaan sementara, penyebab kebakaran karena hubungan arus pendek (korsleting listrik).

Marse menuturkan, api berasal dari lantai dua yang kemudian menjalar ke lantai tiga hingga atap bangunan. “Api berasal dari gudang penyimpan maka­ nan di lantai dua, kemudian merembet ke lantai tiga. Dugaan sementara, karena arus pendek listrik,” kata Marse di lokasi kejadian.

Dia mengatakan, api kali pertama muncul sekiranya pukul 12.30. Informasi yang didapat cukup cepat, 12 menit kemudian, lima mobil pemadam kebakaran (damkar) pun dikerahkan. “Api dengan cepat bisa dipadamkan hingga tidak merembet ke bangunan lainnya. Selain stok air aman, pompa hidran di sini (Pasar Anyar, red) juga berfungsi sebagai sumber air,” jelasnya. Di sisi lain, salah seorang saksi mata, Adi Jaelani mengatakan, kebakaran terjadi saat pedagang menjalankan ibadah salat Jumat. Sejurus kemudian, api dengan cepat membubung tinggi hingga ke atap bangunan dan menim­ bulkan asap yang tidak sedikit.

“Pedagang langsung menga­ mankan barang dagangannya yang berada enggak jauh dari lokasi kebakaran, sambil ikut memadamkan api sebelum petugas Damkar datang,” tandasnya.(wil/c)

 

Komentar Anda

Baca Juga