Beranda Metropolis

Pipa Bocor, Tujuh Ribu Pelanggan Terganggu

BERBAGI
BOCOR: Pegawai PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sedang
memperbaiki pipa yang bocor di kawasan Rancamaya
kemarin (12/5).

BOGOR–Tujuh ribu pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor di Kecamatan Bogor Selatan dan Timur harus gigit jari. Selama beberapa hari ke depan, pasokan air bersih kepada warga akan terga­ nggu. Pasalnya, jaringan pipa air milik PDAM di Rancamaya, Kota Bogor, mengalami keboco­ ran sejak siang kemarin (12/5).

“Kebocoran disebabkan kon­ disi pipa PVC Ø 15 jalur pipa distribusi arah Ciawi sudah berusia tua dan tertanam sedari tahun 1970­an. Artinya, pipa tersebut sudah berusia 40 tahun lebih,” ujar Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Ade Syaban Maulana.

Dia menjelaskan, perbaikan sudah dilakukan sejak pukul 15.00 hingga 21.00 malam. Butuh waktu enam jam untuk memperbaiki pipa bocor yang berada di Rancamaya, tak jauh dari Terminal Agrobisnis atau Reservoir Rancamaya. “Untuk jumlah kerugian belum dihitung pasti. Tapi, sumber air dari mata air tangkil dengan kapasitas 130 liter per detik,” imbuhnya.

Kebocoran pipa, kata dia, persis berada di bagian sambu­ ngannya. Selama perbaikan, aliran air akan dimatikan karena daerahnya berada di kawasan rawan longsor. Menurut dia, setelah perbaikan, pelanggan PDAM Tirta Pakuan yang terkena dampak tak bisa menerima aliran air secara langsung.

“Perbaikannya lama karena termasuk zona 1 yang kondisinya berbukit­bukit. Nah, berbeda dengan PLN yang sehabis memperbaiki listrik bisa langsung nyala. Kalau pipa PDAM, khususnya yang bocor kali ini, dibutuhkan recovery dan waktunya tidak tentu, antara sehari hingga dua hari,” jelasnya.

Pelanggan tidak udah khawatir, sebab pasokan air tetap ada. Hanya memang tidak akan lancar. “Sejauh ini, ada lebih dari 100 kilometer pipa PDAM yang usianya di atas 100 tahun. Memang harus diganti, tapi biayanya tidak murah. Karena itu, kami tengah dalam proses pencarian investor,” kata dia.

Atas gangguan ini, pihaknya menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak. Pihaknya berharap pelanggan dapat menampung air saat air sedang mengalir sebagai cadangan. Dan apabila para pelanggan membutuhkan pasokan air melalui mobil tangki, dapat menghubungi Call Center PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.(wil/c)

 

Baca Juga