Beranda Olahraga All Sport

Anggi Lolos ke Sekolah Balapan

BERBAGI
PRESTASI : Anggi Setiawan (dua dari kiri), bersama beberapa calon siswa sekolah balap milik Valentino Rossi.

PEMBALAP muda binaan Yamaha Indonesia, Anggi Setiawan, lolos dalam tes kesehatan untuk masuk sekolah balap milik Valentino Rossi. Tes kesehatan di Fisiosport srl menjadi tahapan awal Anggi sebelum melakukan latihan di VR46 Riders Academy “The Master Camp 3”.

Dalam tes kesehatan tersebut, dilakukan pemeriksaan kondisi melalui metode USG, perfoma jantung, dan pernapasan dengan menaiki sepeda statis. Masingmasing pemeriksaan memakan waktu selama 10 dan 25 menit.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui tingkat kebugaran tubuh ataupun jika memang ada permasalahan dalam kesehatan dapat segera diantisipasi. Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan selama lebih-kurang 35 menit tersebut, Anggi dinyatakan lolos dan bersiap mengikuti aktivitas on the track, yaitu latihan flat-track di Motor Ranch, circuit-riding dan MiniGP, termasuk mengikuti fisio-gym.
“Metode medical check seperti ini baru pertama kali saya lakukan. Mesin dan teknologinya hampir sama di Indonesia. Ini memang perlu rutin dilakukan agar fisik dalam kondisi prima,“ tutur Anggi, yang tahun ini fokus di balap Asia Road Racing Championship 2017 (ARRC 2017) kelas underbone 150 cc (UB150) dengan bendera tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

Di VR46 Riders Academy “The Master Camp 3”, Anggi, yang baru berusia 18 tahun, ditemani Manajer tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) Wahyu Rusmayadi. Acara terakhir pada Selasa (9/5) waktu Italia ditutup dengan makan malam bersama para pembalap Moto2 dan Moto3 (2017) yang terlibat sebagai pelatih di VR46 Riders Academy.

Selain Anggi, ada pembalap lain dari beberapa negara yang juga lolos tes kesehatan untuk The Master Camp 3, antara lain Peerapong Boonlert (Thailand/18 tahun), Shota Ite (Jepang/15 tahun), Muhammad Akid bin Aziz (Malaysia/18 tahun), Brandon Demmery (Australia/19 tahun), dan Tomas Casas (Kanada/17 tahun).

Tentu saja, mereka akan berupaya keras untuk menunjukkan potensinya. Terlebih dengan rangsangan mengikuti balap FIM CEV Moto3 seperti yang saat ini diikuti oleh Apiwat Wongthananon dengan bendera tim VR46. Apiwat adalah peserta The Master Camp 2 pada September 2016.

Selain Selain itu, mereka akan menjalani pelatihan fisik dan teknik balap bersama The Doctor -julukan Rossi- juga murid-muridnya yang saat ini konsentrasi di balap Moto2 dan Moto3, seperti Luca Marini, Francesco Bagnaia, Niccolo Antonelli dan Andrea Migno. Termasuk latihan di trek MotoGP Misano, Italia.(ira/jpg)

Baca Juga