Beranda Berita Utama

Dua Bom Meledak

BERBAGI

PATTANI– Dua bom meledak di Kota Pattani, Provinsi Pattani, Thailand, kemarin (9/5). Sebanyak 60 orang terluka dalam peristiwa yang terjadi di dekat supermarket Big C itu. Sedikitnya empat korban mengalami kritis. Militan muslim yang menghendaki kemerdekaan Pattani dari Thailand mengklaim serangan tersebut.

Meskipun tidak ada yang meregang nyawa di lokasi kejadian, daya ledak dua bom itu terbilang kuat. Supermarket Big C dan kawasan sekitarnya porak-poranda. Sejumlah kendaraan hangus terbakar. Gedung-gedung di dekat supermarket tersebut hancur lebur. ’’Itu ledakan bom mobil pertama di Pattani sejak Agustus lalu,’’ kata Rewat Srichantub, wakil kepala polisi setempat.

Kementerian Pertahanan Thailand langsung serangan dua bom di salah satu pusat keramaian publik tersebut. ’’Itu pelanggaran serius terhadap HAM. Pemerintah mengecam keras peristiwa tersebut,’’ kata Kongcheep Tantrawanit, jubir kementerian. Pemerintah juga langsung menginstruksikan perburuan pelaku yang diduga kuat melarikan diri sebelum bom meledak.

Militan Islam yang oleh media Thailand disebut sebagai mengutuk gerilyawan separatis memang sudah lama mengancam keamanan warga. Khususnya, penduduk Thailand Selatan.

Di negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Buddha itu, militan berniat memerdekakan Pattani dan men- dirikan negara yang berlandasan Islam di sana. Berdasar data Deep South Watch, 6.500 warga sipil tewas dalam konflik sejak 2004.(AFP/Reuters/hep/c22/any)

Baca Juga