Beranda Berita Utama

13 Tahun Rumah Sakit Bogor Medical Center (BMC) Berkiprah di Kota Bogor (2) Miliki Poliklinik Gigi Terlengkap

FASILITAS LENGKAP: Spesialis Bedah Mulut, drg Evy Indriani Vyati (kiri) saat memeriksa pasien di ruang poliklinik gigi Rumah Sakit BMC.

SPESIALIS Bedah Mulut, drg Evy Indriani Vyati menjelaskan, lahirnya enam spesialis gigi di RS BMC lantaran banyaknya permintaan masyarakat seiring dengan beragamnya kelainan dan kasus yang bermunculan soal gigi.

Spesialis konservasi gigi, misalnya, merupakan dokter yang mampu mempertahankan sekaligus mengembalikan fungsi normal gigi. Misalnya, gigi Anda dikatakan sudah dalam keadaan rusak berat, kemudian dengan penambalan pun tak membuahkan hasil manis, maka harus dilakukan perawatan saraf di dokter spesialis konservasi gigi yang ditangani drg Vika Hapsari Pratiwi, SpKG.

Bagi Anda yang merasa tidak percaya diri dengan perubahan warna gigi, Anda dapat menghubungi dokter spesialis konservasi gigi yang ahli dalam melakukan tindakan bleaching gigi, yaitu perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat gigi menjadi lebih putih dan cerah.

“Kemudian, spesialis periodonsia itu untuk jaringan pendukung gigi yaitu tulang alveolar gusi dan jaringan ikat yang menghubungkan gigi dan tulang. Perawatan dan pemeliharaan berfungsi untuk menjaga dan mengembalikan fungsi sistem pengunyahan yang optimal,” jelas drg Evy.

Jadi, kata dia, karang gigi yang menempel pada leher gigi akan merusak tulang alveolar pendukung gigi. Akibatnya, gigi bisa turun ditandai dengan berdarah pada saat menyikat gigi. Dokter gigi spesialis periodonsia ini bernama drg Ummi Ghoni Tjiptoningsih, SpPerio.

Selanjutnya ada spesialis prosthodonsia yang membidangi soal gigi palsu. Misalnya, jika gigi palsu Anda bermasalah karena tinggi tulang yang terlalu rendah atau lainnya.

Nah, jika sudah berkali-kali mengganti gigi tiruan yang tidak nyaman, di RS BMC ada spesialis untuk itu, akan dibuatkan gigi palsu yang nyaman. Juga, segala hal yang berkaitan dengan rehabilitasi fungsi dan estetik oral serta maksilofasial seperti telinga palsu dan mata palsu.

Spesialis prosthodonsia di RS BMC ditangani oleh drg Fajar Kartika, SpPros. Pada spesialis prosthodonsia bisa juga dilakukan tindakan veneer gigi yang digunakan untuk memperbaiki gigi yang berubah warna, tidak rata, tidak teratur bentuknya atau yang memiliki celah.

Lebih lanjut Evy menjelaskan, spesialis lainnya yakni spesialis orthodonti, ada drg Cita Prima Ambran, SpOrt yang ahli di bidang ini. Masyarakat yang merasa memiliki gigi kurang rapi, lebih tepat jika datang ke dokter gigi spesialis orthodonti.

“Lalu, spesialis bedah mulut dengan saya sendiri, segala sesuatu yang memerlukan tindakan pembedahan di mulut dan rahang. Dan yang paling baru ada dokter gigi anak. Jadi, kalau anak-anak itu kan membutuhkan pera- watan khusus, tidak sama dengan perawatan gigi pada orang dewasa,” kata dia.

Walaupun gigi anak bersifat sementara, jika tidak dirawat akan berpengaruh terhadap intake makanan. Sebab, jika sakit gigi kerap kali menyebabkan anak menjadi enggan makan. Terkadang orang tua tidak paham dan hanya berkonsultasi ke dokter anak.

“Dokter gigi khusus anak bisa merawat anak dengan kondisi gigi yang sudah berlubang atau karies. Disebut anak-anak itu hingga 12 tahun, mulai dari dua tahun saat gigi full tumbuh, di sini dapat ditangani oleh drg Dwi Mutia Ramdhini, SpKGA,” jelasnya lagi.

Kadang-kadang, menurut Evy, gigi anak ada yang sudah rusak karena menyusu. Paling tidak, agar anak tidak trauma ke dokter gigi, mereka dilatih terlebih dulu pergi ke dokter, walaupun hanya sekadar dibersihkan giginya. “Jadi, kalau dibawa ke dokter gigi tidak harus saat anak mendapatkan tindakan berat, misalnya dicabut, cukup hanya dibersihkan untuk pengenalan. Memang banyak spesialis yang harus dipahami oleh masyarakat, jadi, biasanya kalau yang di kasus kita karena spesialis, itu jadi konsultan,” tambahnya.

Menurut Evy, sebagian besar masyarakat atau pasien yang datang ke dokter gigi umum atau general practice (GP) yang kasusnya tidak dapat ditangani oleh dokter gigi umum akan dikonsultasikan ke dokter gigi spesialis.

Selain karena komplit, poliklinik spesialis gigi di RS BMC, tentunya karena dokter gigi spesialis sangat memahami kasus di bidangnya masing- masing. Terlebih sudah ada pelayanan implan gigi (dental implant) khusus bedah mulut yang di rumah sakit lain belum ada.(wil/ADV)

Baca Juga