Beranda Female

Berenang Kurangi Kambuh

BERBAGI

ALERGI pada anak bukan hanya ditandai dengan masalah kulit dermatitis atau eksim. Alergi juga bisa muncul seperti asma, bersin-bersin di pagi hari tanpa demam. Banyak anak terkena penyakit asma dan hal itu akan mengalami kekambuhan jika dipicu oleh alergen (pemicu alergi).
Alergi bisa dipicu oleh makanan dan udara. Pada anak dengan penyakit asma, ada satu kegiatan yang bisa mengurangi risiko kekambuhan penyakit asma, yaitu dengan olahraga berenang.
Konsultan Alergi dan Imunologi Anak Budi Setiabudiawan membenarkan hal itu. Menurut Budi, berenang adalah salah satu cara pencegahan agar asma tak mudah kambuh.
“Memang betul salah satu pencegahan supaya asmanya tak sering kambuh dengan berenang. Ajak anak berenang dengan rutin setiap pekan,” kata Budi di Jakarta, Senin (10/4).
Budi menegaskan, berenang bukan menjadi salah satu upaya penyembuhan. Berenang hanya dapat mencegah kekambuhan penyakit asma. “Bukan penyembuhan, tapi mengendalikan. Asma enggak bisa sembuh, tapi asma bisa muncul atau tidak. Salah satunya dengan berenang,” tegasnya.
Untuk penyakit asma, kata dia, orang tua harus mengetahui dan menghindari alergen pada anak. Olahraga apa saja baik untuk anak dengan penyakit asma. “Olahraga yang paling baik adalah berenang, tapi tak ada pantangan bagi anak dengan penyakit asma. Boleh apa saja,” terangnya.(cr1/JPG)

Komentar Anda

Baca Juga