Beranda Metropolis

Bangga Miliki Kampung Toga

BERBAGI
SEMRINGAH: Bima Arya ditemani istri, Yane Ardian berinteraksi dengan warga Kampung Sawah.

BOGOR–Menjaga lingkungan bukan hanya menjadi tugas pemerintah, tapi juga warga di lingkungan itu sendiri. Itulah yang membuat RW 07 Kampung Sawah, Kelurahan Tanahbaru, Kecamatan Bogor Utara, berkolaborasi dengan Sekolah Bogor Raya (SBR) dalam menggagas Kampung Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Kampung ini pun diresmikan Wali Kota Bogor Bima Arya, Sabtu (6/5). “Ini adalah kolaborasi yang luar biasa dalam menjalin silaturahmi antara para orang tua, siswa serta warga sekitar sekolah,” ujar Bima di sela- sela peresmian. Dengan kegiatan yang melibatkan dan mempertemukan para orang tua secara langsung, menurut Bima,  banyak hal yang bisa dikomunikasikan. “Kalau interaksi langsung seperti ini, saya yakin akan memberikan banyak manfaat dibanding komunikasi atau  interaksinya lewat grup WA (Whatsapp). Silaturahmi, kebersamaan, persahabatan,  persaudaraan antara orang tua, pengajar, semua siswa akan memberi manfaat bagi kita  semua,” jelas Bima.

Manfaat lainnya yang tidak kalah luar biasa, sambung Bima, adalah membentuk para siswa  menjadi generasi yang tidak hanya memikirkan dirinya sendiri tetapi juga memikirkan warga dan  lingkungan disekitarnya.

Pendidikan, kata dia, tidak hanya sekadar ilmu, tapi juga tentang hari dan rasa. Banyak contoh orang pintar dan jenius yang tidak memiliki hati dan rasa, sehingga tidak peka yang pada akhirnya menjadi orang yang bukan diharapkan. “Saya berharap anak-anak di Kota Bogor tumbuh menjadi  anak yang peka dan cinta terhadap lingkungannya, tidak egois memikirkan diri sendiri, tetapi  juga memikirkan orang lain dan lingkungan,” bebernya.

Apa yang dilakukan SBR, kata Bima, merupakan proyek kolaborasi yang luar  biasa, di mana sekolah memainkan peran lain melalui pengembangan dan pelayanan bagi  warga dan lingkungannya dengan melibatkan para siswa.(wil/*)

Komentar Anda

Baca Juga