Beranda Metropolis

Saatnya Sekolah Ambil Bagian Jaga Lingkungan

BOGOR–Pendaftaran lomba kebersihan antarsekolah se-Kota Bogor tinggal tiga hari lagi. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor mengimbau bagi seluruh sekolah –baik SD, SMP, SMA– untuk berpartisipasi. Momentum ini sekaligus membuktikan bahwa sekolah bisa mengambil peran dalam menjaga lingkungan. “Lomba Bogorku Bersih ini menjadi penting, sebab, mampu meningkatkan kebersihan sekolah. Sebenarnya bukan hanya bersih sekolahnya, tapi rindang dan lainnya. Karena tidak setiap sekolah memiliki suasana rindang, ada juga sekolahnya gersang, tapi memiliki keunggulan lain di bidang kebersihan,” ujar Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Uju Juyono. Untuk diketahui, lomba kebersihan antarsekolah ini merupakan bagian dari Lomba Bogorku Bersih 2, yang meliputi lomba kebersihan antar-RT dan juga pasar. Uju menilai, soal kebersihan, setiap sekolah pasti sudah memiliki programnya masing-masing, semisal piket kelas. Tapi, menjadi lain jika mengikuti perlombaan. Otomatis akan lebih terpacu untuk semakin membuat bersih lingkungan sekolahnya. “Makanya, nanti kami berharap kalau sekolah yang sudah masuk
Adiwiyata jangan dimasukkan ke Bogorku Bersih, karena pasti menang. Yang diharapkan itu yang belum ikut Adiwiyata, dilombakan. Tapi kan nanti ada kriterianya, bukan hanya bersih,” bebernya.

Disdik, kata dia, juga mengharuskan untuk sekolah
tingkat SD, SMP, SMA/SMK, baik negeri maupun swasta mengikuti Bogorku Bersih. “Kalau untuk SMA/SMK itu sifatnya imbauan, karena berada di bawah naungan Disdik Provinsi Jabar. Tetapi untuk SD dan SMP itu diharuskan ikut, daftar,” tandasnya.(wil/c)

Baca Juga