Beranda Metropolis

Pesta Rakyat Ala Kodam Siliwangi

BOGOR–Rangkaian peringatan HUT ke-71 Kodam III/Siliwangi dimulai. Sebagai pembuka, Dandim 0606 Kota Bogor mengadakan ’pesta rakyat’ dengan mengundang ribuan warga Bogor dalam kegiatan Free for Fun di Jalan Jenderal Sudirman, kemarin (7/5). Ribuan orang tumpah ruah sedari Markas Kodim hingga sepanjang area car free day pemerintahan Diawali dengan pelepasan peserta fun bike yang didominasi warga berpakaian ala tentara.

Disusul Disusul penampilan drumband dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor yang menambah semarak suasana. Mengekor di belakang, ada peserta fun walk. Selepasnya, suasana makin terasa energik setelah ditutup dengan fun aerobic yang diikuti seluruh peserta.

Seusai acara, Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Arm Doddy Suhadiman mengatakan, HUT ke-71 Kodam Siliwangi ini menjadi momentum TNI untuk terus meningkatkan kinerja. Khususnya kian mengakrabkan diri dengan masyarakat. “Bentuknya adalah para
prajurit juga ikut bergabung di tiap rangkaian, berbaur dengan masyarakat, di samping kepanitiaan, termasuk ibu-ibu Persit Kodim,” kata Doddy.

Sukses mengawali HUT ke-71 Kodam Siliwangi dengan halhal yang berbau olahraga, sambung Doddy, pekan depan atau tepatnya 14 Mei, masih ada rangkaian lainnya. Yakni, pagelaran budaya wayang bambu di Mal BTM. “Berikutnya
ada juga yang lebih sifatnya akademis, karya tulis, soal sejarah. Agar masyarakat juga mengerti dan tahu betul sejarah Siliwangi. Karena Kota Bogor kan pusatnya sejarah Siliwangi,” tukasnya

Dengan begitu, sambungnya, masyarakat makin tahu jati diri Kota Bogor dan lebih mencintai kota ini. Sehingga rasa memiliki lebih tinggi, turut merawat dan memajukan Kota Bogor. Selepas acara, seperti biasa, sampah akan berserakan di mana-mana. Ssoal ini, Doddy mengaku sudah bekerja sama dengan dinas terkait dan juga menyiapkan prajurit. “Ke depan, budaya masyarakat buang sampah pada tempatnya juga akan diagendakan,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil ketua panitia Gatut Susanta menjelaskan, rangkaian HUT ke-71 Kodam Siliwangi berikutnya akan penuh dengan unsur budaya, yang direncanakan akan dihelat di lima lokasi berbeda. “Jangan sampai budaya kita hanya masuk keluar kampung, sedangkan budaya asing masuk ke hotel dan mal,” ucapnya.

Karenanya, agar generasi muda dan masyarakat tidak canggung, sekarang budaya daerah diarahkan untuk bisa masuk ke mal dan hotel. “Itu juga untuk meningkatkan nilai budaya lokal, sejalan dengan pogram panglima TNI untuk meningkatkan budaya,” tukasnya.(wil/c)

Baca Juga