Beranda Pendidikan

Bangun Karakter melalui Pagelaran Seni

BERBAGI
KREATIF: Sebagian siswa ikut menampilkan bakatnya dalam kegiatan seni Kosgoro.

BOGOR–SMA Kosgoro menga- dakan pagelaran seni yang dimotori OSIS dan diikuti 16 kelompok dari kelas 10 dan 11 pada 2-4 Mei 2017. Kegiatan yang diberi nama Pagelaran Kelas ini mendapat sambutan sangat baik dari seluruh siswa. Hal itu dibuktikan dengan per- siapan berhari-hari dan biaya yang tidak sedikit, dicurahkan demi suksesnya kegiatan di masing-masing kelas.

Ketua penyelenggara Siti Khairunnisa kelas 11-IPA 1, menjelaskan tujuan kegiatan sebagai langkah untuk me- nerapkan teori pada mata pelajaran seni budaya dan untuk meningkatkan apre- siasi siswa terhadap hasil seni dan budaya daerah dalam pembentukan karakter.

“Dalam pagelaran seni ini setiap kelas menampilkan lima bentuk kesenian, yaitu teater, vokal group, perkusi, tari tradisional dan modern serta iklan kreatif. Hasil kegiatan ini selain untuk pengambilan nilai di mata pelajaran seni budaya juga pemberian hadiah untuk tim terbaik dari lima bentuk seni yang dinilai tersebut,” katanya kepada Radar Bogor.

Di tempat yang sama, Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo mengatakan, pagelaran seni bertema “Cinta Budaya Bangsa Indonesia,” ini sebagai wujud pendidikan karakter melalui seni budaya. Kalau selama ini pembelajaran menitik beratkan pada pencapaian kompetensi dibandingkan karakter, lanjut Tri, maka melalui pagelaran ini diha- rapkan pembentukan karak- ter perlu melekat dalam pengembangan kompetensi.

Ia mengungkapkan, seseorang yang memiliki kompetensi dan berkarakter merupakan sumber daya manusia yang andal, berwatak, cerdas dan kompetitif. Seni besar pengaruhnya dalam rangka membentuk siswa sebagai manusia Indonesia yang berkarakter.(ran/c)

Komentar Anda

Baca Juga