Beranda Berita Utama

Video Salju Jakarta Jadi Viral

BERBAGI
DIKIRA SALJU: Busa memenuhi Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, kemarin. Dunia maya heboh lantaran sempat mengira salju turun di Ibu Kota.

JAKARTA–Pemandangan tidak biasa terlihat di ruas Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Tepatnya, pada sore hingga tadi malam (6/5). Ada sesuatu yang berwarna putih lembut menutupi jalan utama Ibu Kota. Banyak orang yang mengira itu salju. Dari pantauan, sesuatu yang berwarna putih berhamburan di jalan. Fenomena unik itu membuat pengguna jalan lantas mengabadikan momen tersebut. Bisa ditebak, rekaman video maupu foto pemandangan langka itu langsung viral di media sosial maupun aplikasi pesan instan.
Pesannya, mirip-mirip. Banyak yang mengatakan itu seperti salju. Setelah dilakukan kroscek, ada netizen yang menyebut kalau putih-putih yang menutupi jalan adalah busa. Sumbernya, berasal dari limbah di dalam selokan. Entah apa yang memicu, dan meluber ke jalan.

Pihak kepolisian pun mengaku telah menerima informasi itu. Namun, belum banyak yang bisa disampaikan. “Ada yang bilang sepeti es,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada JawaPos. com (Grup Radar Bogor). Dia belum bisa memastikan apakah busa itu benar es atau berasal dari limbah. Pihaknya akan melakukan pantauan lebih mendalam soal itu. “Nanti akan dicek lagi,” sambungnya.
Berbagai komentar pun muncul terkait adanya fenomena hujan salju turun di kawasan Jakarta. Namun, menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, yang dihebohkan masyarakat itu bukanlah salju.

“Ini adalah buih busa bukan salju atau es setelah diguyur hujan di Jalan Thamrin Jakarta. Belum diketahui sumbernya,” tulis Sutopo di akun Twitter-nya.
Hal senada diungkapkan Kepala BMKG Stasiun Dramaga Bogor Budi Suhardi. Gumpalan putih yang dianggap salju oleh pengendara jalan itu, kata dia, adalah busa yang berasal dari salah proyek di Jalan Sudirman.
Ia juga menjelasakan potensi cuaca ekstrem yang terjadi di Indonesia. Menurutnya, hujan terparah hanya bisa menjadi hujan es. “Itu bukan es atau salju, melainkan busa dari kontraktor yang mengerjakan MRT. Foam-nya bocor, kebetulan ada hujan sehingga menyerupai busa,” jelasnya. (elf/ded/don/c) 

Komentar Anda

Baca Juga