Beranda Pendidikan

SMP Taruna Andigha UNBK Pertama

BERBAGI
Perdana: Siswa-siswi SMP Taruna andigha serius mengisi soal ujian nasional berbasis komputer. Taruna andigha for radar Bogor

BOGOR–Tahun ini menjadi berbeda bagi SMP Taruna Andigha. Di mana mereka mulai melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang pertama untuk dua sesi pelaksanaan. Kepala SMP Taruna Andigha Aldilah Rahman mengungkapkan, pelaksanaan UNBK di sekolahnya berjalan lancar hingga hari ketiga, kemarin (5/5).

Meski pertama kali, mereka sudah melaksanakan UNBK ha- nya dua sesi dengan dua lab berisikan masing-masing 30 unit komputer dan tiga komputer cadangan. Serta dua server digunakan dan dua server cadangan untuk masing-masing lab.

”Murid saya berjumlah 119 anak untuk peserta ujian tahun ini, jadi kami melaksanakan hanya dua sesi. Sejauh ini bersyukur banget, berjalan lancar walaupun ini UNBK pertama kami,” katanya kepada Radar Bogor.

Aldi yang ditemui di selasela kegiatan ujian menjelaskan, peningkatan sekolah dengan ikut melaksanakan UNBK tahun ini pastinya didukung Ketua Yayasan Ibnu Hajar Andi Su- ryawijaya. ”Sebenarnya tahun lalu kami tidak ikut UNBK karena kami belum memiliki server, kalau untuk unit komputer sudah punya. Makanya dengan mem- bicarakan bahwa kami punya semangat untuk ikut UNBK dan yayasan sangat mendukung, kami dibantu dengan pengadaan server,” tambah Aldi.

Persiapan UNBK pun sudah jauh-jauh hari di lakukan dan diikuti anak-anak didiknya. Mulai dari tryout kota, provinsi, dan juga tryout internal untuk membiasakan anak-anaknya menggunakan komputer dalam ujian.

Tapi pembiasaan tersebut tidak berlangsung lama. Kata dia, sesuai dengan zaman modern seperti sekarang, anak-anak didiknya sangat mahir menggunakan teknologi. “Tidak sulit, mereka beberapa kali latihan sudah langsung mengerti”, ucapnya.

Kendalanya pun, lanjut Aldi, tidak terlalu berat. Seperti beberapa komputer yang sempat mati dan lainnya. Tapi hal itu bukan hambatan besar dan langsung bisa ditangani oleh pihak sekolah. Ia berharap dan komitmen tahun depan, SMP Taruna Andigha akan melaksanakan UNBK hanya dengan satu sesi sehingga lebih efektif.(ran/c)

Baca Juga