Beranda Metropolis

Implan Gigi, Solusi Nyaman Pengganti Gigi Palsu Tidak Terasa Sakit, Hasil Seperti Gigi Asli

BERBAGI
TAK TERASA SAKIT: Dengan teknologi implan gigi, penggantian gigi lebih seperti asli. KELIK RADAR BOGOR

SENYUM yang indah dapat terpancar karena susunan gigi yang bagus dan terawat. Bagaimana jika kondisi salah satu atau beberapa gigi hilang? Nah, teknologi terbaru kedokteran memungkinkan gigi yang hilang akibat kecelakaan atau dicabut dapat dikembalikan lewat implan gigi.

Spesialis Bedah Mulut, drg Evy Indriani Vyati, Bogor Medical Center (BMC), mengatakan implan gigi merupakan alternatif dari pembuatan gigi palsu. Jika biasanya gigi palsu mudah tercabut dan tak begitu nyaman, tidak dengan implan gigi.
“Yang ditanam adalah logam terbuat dari titanium, logam yang bersifat bio compatible, menjadi yang satu-satunya diterima tubuh, artinya tidak menimbulkan alergi pada tubuh, hampir 97 persen bahkan mungkin 99 persen,” katanya.

Setelah ditanam, sambung Evy, implan gigi akan dibiarkan selama tiga bulan untuk mendapatkan osteo integrasi. Artinya, berintegrasi antara tulang dengan implan gigi tersebut. “Jadi, ditanam dulu, setelah kuat kemudian
dipasang abutment yang berfungsi untuk menutupi gusi dan menyangga gigi. Selesai sudah,” bebernya.

Pasien, kata dia, akan merasakan seperti gigi asli, bahkan tidak bisa mengalami karies. Tapi tetap harus dirawat dengan baik. “Yang kita khawatirkan bukan karies, justru tulangnya. Ya itu tadi, karena banyak karang gigi akan merusak tulang, makanya kebersihan mulut menjadi syarat pokok dilakukan tindakan ini,” jelasnya.

Perawatan dengan implan gigi memang masih termasuk mahal. Untuk satu gigi berkisar Rp15 juta, tapi berlaku seumur hidup. Teknologi ini berkembang dari Eropa, Jerman, dan Swiss. Meski mahal, hasil yang didapatkan dijamin tidak bakal bikin kecewa. “Prosesnya untuk implan gigi, pertama mengukur gigi. Kemudian, pasien dicek apakah memiliki kelainan sistemik atau tidak. Misalnya menderita diabetes,” beber Evy.

Sebab, pada kasus diabetes kebersihan mulut sangat mudah infeksi. Meskipun gula sudah terkontrol, bakteri tetap mudah menginfeksi. “Jadi, jika ada benda asing bakterinya akan mengganggu terus,” ucapnya.

Kemudian bagi pasien perokok berat, Evy pun tidak menerima, terkecuali ada negosiasi. Artinya, pasien ini kemudian menyadari kebutuhannya akan kesehatan mulut. Sebab, rokok sifatnya panas, akibatnya lebih fragile. “Syarat lainnya, pasien tidak ada kelainan tulang. Intinya pasien harus sehat, kemudian dilakukan pencetakan rontgen foto, baru dipasang implan gigi,” jelasnya.

Evy menambahkan, implan gigi bisa dipesan paling lama sehari atau dua hari bisa langsung datang. Asal sehat, hari itu bisa juga dilakukan tindakan. Proses pemasangan implan gigi hanya 20 menit. (wil/c)

Baca Juga