Beranda Metropolis

Yuk, Daftar Bogorku Bersih!

BERBAGI

BOGOR– Tahapan pendaftaran lomba Bogorku Bersih tahap dua resmi dimulai. Bagi pendaftar yang masih bingung prosedurnya, tidak usah khawatir. Panitia sudah menyediakan formulir pendaftaran yang bisa didapatkan di koran Radar Bogor atau datang langsung ke Sekretariat Bogorku Bersih Dua di Graha Pena, Jalan KH Abdullah Bin Nuh.

Berbeda dengan lomba Bogorku Bersih tahun lalu, tahun ini tak hanya pada tingkat RT, panitia juga mengadakan lomba antarsekolah dan antarpasar. Ketua Panitia sekaligus Pemimpin Redaksi Radar Bogor, Nihrawati AS mengatakan, untuk tahap pertama peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan panitia. “Tidak ada syarat khusus dalam pendaftaran. Pendaftar hanya diwajibkan mengisi formulir sesuai dengan kategori yang dilombakan. Gratis!” ujarnya.

Setelah dikumpulkan, panitia akan memverifikasi data dan mengumumkan RT, sekolah atau pasar mana saja yang lolos dan mengikuti tahapan kedua yakni lomba kebersihan. Di sinilah, nantinya para peserta dituntut untuk memenuhi sejumlah kriteria atau persyaratan untuk dinilai.

“Teknisnya, masih seperti tahun lalu. Lomba antar RT akan dibagi tiga kategori, yakni perumahan, permukiman swadaya dan permu- kiman tepi sungai,” beber perempuan yang akrab disapa Ira itu.

Sementara untuk lomba kebersihan sekolah akan dibagi dalam tiga kategori, yakni SD/ sederajat, SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Sebagai catatan, lomba kebersihan antara sekolah hanya boleh dikuti oleh sekolah yang belum mendapat predikat Adiwiyata (berwawasan lingkungan).

Bogorku Bersih, kata dia, bertujuan untuk membangun perilaku dan budaya baru masyarakat Kota Bogor yang bertanggung jawab secara mandiri untuk membuat lingkungan menjadi hijau, indah, bersih, sehat dan nyaman. “Saatnya membangkitkan partisipasi masyarakat dalam aksi nyata untuk membersihkan dan memperindah kampung, sekolah, pasar mereka,” tandasnya. (*)

Baca Juga