Beranda Pendidikan

Mapar UNB Ajak Peduli Lingkungan

BERBAGI

BOGOR–Mahasiswa Pencinta Alam Rimba (Mapar) Universitas Nusa Bangsa (UNB) terus bergerak mengajak masyarakat peduli alam agar bersih dan sehat. Khususnya kepada lingkup dunia pendidikan, dengan mengunjungi sejumlah sekolah di Bogor. Salah satunya SDN 2 Kebon Kopi akhir pekan lalu.

Nissa Amalia Siregar, anggota Mapar mengatakan, sosialisasi mengenai lingkungan ini merupakan salah satu program Mapar yang sudah dilakukan sejak pengurus sebelumnya. “Kalau kepengurusan saya yang pertama kali ini di SDN 2 Kebon Kopi ,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Pemilihan sekolah tingkat dasar, kata Nissa, berangkat dari tema besar mereka, yaitu Peduli Lingkungan sejak Dini. “Pendidikan memang harus ditanamkan sejak dini, sehingga kami mengincar
anak-anak yang masih kecil, masih banyak menyerap dan bisa ia ingat terus sampai tua, yaitu anak-anak usia 12 tahun ke bawah,” tambah Nissa.

Selain itu, memang kalau dilihat dari perilaku anak sekolah, anak-anak SD justru masih banyak yang belum mengerti menjaga lingkungan, salah satu faktornya yaitu umur. Belum lagi, fasilitas, sarana dan prasarana mereka yang masih jauh dibandingkan dengan SMP, apalagi SMA yang juga membuat mereka menyambangi SD terlebih dahulu. “Tidak
menutup kemungkinan kami juga mengunjungi tiap jenjang pendidikan, sama seperti pengurus sebelumnya,” kata dia.

Nissa mengatakan, selain memberikan pemahaman tentang pemilahan sampah, mereka juga memberikan dan menanamkan sejumlah bibit di lingkungan sekolah mereka. “Karena kami melihat kondisi sekolah yang gersang, maka kami memberikan bibit agar lingkungan sekolah asri,” ucap Nissa.(ran/c)

Baca Juga