Beranda Pendidikan

Kenalkan Literasi Media

BOGOR–Pondok Pesantren Darussalam di Jalan Raya Taman Pagelaran, RT 01/02, Bubulak Ciomas, Padasuka, Ciomas, Bogor, memberikan pembekalan intensif pada para santri tingkat akhir yang sebentar lagi lulus. Mereka mendapat banyak wawasan untuk bekal ke depan setelah meninggalkan pesantren. Baik yang langsung terjun ke masyarakat, maupun melanjutkan kuliah.

Salah satu pembina santri, Fikri Fauzi mengatakan, pihaknya mengundang beberapa pembicara yang memberikan bekal di berbagai bidang. “Termasuk pembekalan tentang media dan jurnalistik, dengan mengundang perwakilan dari Radar Bogor,” terangnya.

Para santri pun mendapat pemahaman tentang literasi media oleh Redaktur Eksekutif Radar Bogor, Asri Supatmiati. Hal ini penting, mengingat para santri akan terjun ke masyarakat yang heterogen dibanding lingkungan pesantren. Jika sebelumnya para santri jauh dari hirukpikuk informasi, kelak mereka akan terpapar jutaan informasi yang terkadang simpang siur. “Nah, kalian para santri, calon pemimpin, harus menjadi leader dalam informasi, mengakses media dan info yang benar saja dan tidak ikut-ikutan menyebarkan hoax,” kata Ami, sapaan Asri.

Ia pun mengajak para santri agar gemar membaca dan menulis. Dengan bekal ilmu yang mumpuni yang diperoleh dari pesantren, para santri agar menjadi produsen tulisan-tulisan inspiratif yang menyebarkan kebaikan. “Melalui tulisan, ilmu akan tersebar dengan jangkauan lebih luas, sehingga manfaatnya akan dirasakan banyak orang,” pesannya pada para santri yang antusias mengikuti pembekalan.(ami)

Baca Juga