Beranda Bogor Raya

Budi Daya Ikan Picu Turunkan Kemiskinan

POTENSI: Pembudi daya ikan hias mengecek benih sebelum dijual ke pasaran. Ilustrasi

KEMANG–Potensi budi daya ikan hias dan konsumsi, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kecamatan Kemang. Kecamatan Kemang bahkan berpotensi mewujudkan beberapa indikator dalam 25 penciri sebagai kabupaten termaju.

“Salah satunya ketercapaian benih ikan konsumsi dan hias tertinggi di Indonesia,” ujar Bupati Bogor Nurhayanti, belum lama ini.

Menurutnya, keberadaan budi daya ikan hias dan konsumsi ini ikut menurunkan angka kemis­ kinan dan meningkatkan jual­beli masyarakat. Di antaranya melalui keberadaan kelompok tani ikan dan pelaku UMKM.

Pemkab, kata dia, akan terus meningkatkan potensi budi daya ikan hias di Kecamatan Kemang. Bahkan, orang nomor satu di Kabupaten Bogor ini berjanji mendongkrak sarana dan prasaran, termasuk infrastruktur jalan. “Ini agar representatif. Sehingga kalau ada kunjungan dari luar negeri, mereka tertarik berkunjung ke Kabupaten Bogor,” terangnya.

“Saya instruksikan para OPD terkait agar bersinergi. Apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan pelaku UMKM dan kelompok tani ikan di Kemang,” tambahnya.(cr4/c)

Baca Juga