Beranda Metropolis

Banjir Lomba di HUT Kodam Siliwangi

BERBAGI

BOGOR–Merayakan hari jadinya yang ke-71, Kodam III/Siliwangi berbagi kebahagiaan dengan warga Kota Hujan. Sederet lomba dan kegiatan siap dihelat. Mulai dari yang sifatnya olahraga, pertanian, budaya, hingga ilmiah.

Wakil ketua panitia Gatut Susanta mengatakan, rangkaian acara sudah dimulai sedari 26 April dengan menghelat pagelaran wayang bambu di Botani Square. “Kemudian tanggal 7 Mei nanti ada free fun. Mulai dari fun walk yang difokuskan untuk anak yatim piatu, ada 100 yang sudah daftar,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menggelar fun bike untuk komunitas dan instansi. Sudah ada 500 peserta yang terdaftar. Sedangkan untuk lomba fun aerobic, 1.000 orang sudah terdaftar menjadi peserta. Dia mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan akan dipusatkan di Markas Kodim 0606 Kota Bogor, Jalan Jenderal Sudirman.

Selain itu, akan ada pagelaran wayang bambu dan budaya di lima lokasi berbeda. Antara lain, Lippo Plaza Bogor, The Jungle BNR, Yogya Dramaga, Ramayana Jalan Baru, dan Mal BTM. Acara ini akan dimulai terhitung pada 14–20 Mei mendatang.

“Kemudian tanggal 15–17 Mei di Botani akan diadakan lomba paduan suara dan mars wangsit Siliwangi tingkat SMP dan SMA. Lalu membaca wangsit Siliwangi dan puisi bahasa Sunda, serta lomba paduan suara lagu perjuangan,” jelas Gatut.

Sementara itu, bagi masyarakat yang gemar menulis akan diberikan kesempatan untuk mengasah bakat menulisnya di lomba karya tulis yang bertemakan Kodam Siliwangi dari masa ke masa. Untuk peserta karya tulis masih ditunggu untuk mengirimkan naskahnya ke Kodim sesegera mungkin hingga tanggal 15 Mei. “Lalu, ada juga pelatihan hidroponik yang dilombakan per koramil. Pemenangnya dapat uang pembinaan. Ada lagi sarasehan tentang Suryakancana di Kodim,” bebernya.

Untuk acara puncak, dijadwalkan akan berlangsung 21 Mei di Makodim. Diwujudkan dengan menampilkan para pemenang dari setiap perlombaan sekaligus syukuran. Di kesempatan ini tidak lagi ada jarak antara para prajurit dengan masyarakat. “Hadiahnya ada enam sepeda lipat dan gunung, TV flat, kulkas, mesin cuci, serta ratusan hadiah lainnya juga uang pembinaan totalnya kurang lebih Rp15 jutaan,” ucapnya.

Menjadi berbeda, menurut Gatut, tahun ini dijadikan momentum TNI lebih dekat dengan masyarakat. Hal itu digambarkan dengan ke- panitiaan HUT yang merupakan gabungan masyarakat dengan Kodim. Kedua, adalah momentum untuk menggali lebih dalam budaya lokal. Karena itu, TNI concern untuk mempertahankannya, sebab dengan budaya maka akan menyatukan semua golongan.

“Untuk semua jenis perlombaan masih dibuka pendaftarannya, belum ada yang ditutup. Bisa langsung saja datang ke Kodim,” tandasnya.(wil/c)

Komentar Anda

Baca Juga