Beranda Metropolis

ICW: PNS Paling Banyak Korupsi

BERBAGI

BOGOR–Gerakan Antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) temukan fakta bahwa pelaku tindak korupsi yang paling banyak diadili oleh pengadilan adalah pegawai di lingkungan pemerintah daerah. “Sejak semester I tahun 2012–2016 ditemukan aktor yang paling banyak terjerat korupsi adalah yang berprofes sebagai PNS di lingkungan pemerintahan provinsi, kabupaten dan kota,” ujar Aradila Caesar, anggota Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW.

Ia melanjutkan, melalui data yang diperoleh, tercatat ada 135 terdakwa yang berasal dari PNS pemkot, pemkab, pemprov, dari total 390 pada 2016. Hal menarik lainnya yang telah diamati dari perolehan data, menurutnya, jumlah kedua terbanyak yakni dari swasta sebanyak 105 terdakwa.

Aradila mengindikasikan adanya persoalan serius terkait hubungan dua aktor tersebut dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan. Ia pun mengungkapkan, kemungkinan besar sektor pengadaan barang dan jasa masih menjadi primadona sektor yang dibajak untuk meraup keuntungan oleh para koruptor. “Upaya reformasi birokrasi dan langkah- langkah lain harus segera diambil untuk memutus rantai korupsi yang dilakukan PNS,” pungkasnya.

Pada 2016, ICW telah memantau 325 perkara korupsi dengan 384 terdakwa yang telah diperiksa dan diputus oleh pengadilan. Dari hasil pemantauan tersebut, ICW berhasil mengungkap nilai kerugian negara yang timbul mencapai Rp1,4 triliun.(cr3/*)

Baca Juga