Beranda Bogor Raya

Tumpukan Sampah Penyebab Kali Meluap

CIBUBUR–Beberapa permukiman di Kota Bekasi kembali tergenang banjir. Kali ini giliran warga yang tinggal di bantaran Kali Teluk Pucung. Kali itu meluap akibat pendangkalan dan adanya penyumbatan sampah. Akibatnya, tiga rumah di Teluk Pucung terendam.

“Banjir terjadi pukul 01.30. Saat itu, kami sedang tidur nyenyak sama seperti keluarga lain. Kami baru sadar setelah komputer, instalasi listrik, televisi, dan kulkas telah terendam,” kata warga Ahmad Arfian Reza, yang rumahnya kebanjiran, Kamis (20/4).

Menurutnya, meluapnya Kali Teluk Pucung juga dipicu hujan deras dan sampah rumput rawa di sekitaran Kali Wisma Asri, yang dibuang begitu banyak tiga hari lalu. Dampaknya, terjadi pendangkalan dan penumpukan saluran di Jembatan Sasak 45.

“Setiap sampah yang dibuang sembara­ngan di Kali Teluk Pucung akan berdam­pak penumpukan di Sasak 45, sehingga menghambat aliran air,” ujarnya.
Dia berharap, pemerintahan kelurahan, kecamatan, hingga daerah memper­hatikan masalah ini. “Kami di sini berharap pihak kelurahan melakukan pengerukan dan normalisasi. Sebab, banjir seperti ini bukan sekali dua kali saja terjadi. Tapi hampir setiap tahun,” tutupnya.(gob)

Baca Juga