Beranda Metropolis

Tetap Feminin dengan Moge

BERBAGI
SEMANGAT: Para anggota polwan Polresta Bogor Kota tampak garang dengan moge di kawasan Tugu Kujang, kemarin (20/4).

BOGOR–Mengendarai motor gede (moge) tak lagi sepenuhnya menjadi gaya kaum adam. Perempuan mengen­darai moge kerap terlihat di jalanan. Demikian pula yang dilakukan anggota polwan Polresta Bogor Kota, kemarin (20/4). Mereka terlihat garang dengan moge yang terparkir di Tugu Kujang.

Ya, bertepatan dengan Hari Kartini, Polresta Bogor Kota merilis tim anyarnya yakni Polwan Mojang Moge Pakuan. Kapolresta Bogor Kota Kom­bes Ulung Sampurna Jaya mengatakan, ada 15 personel polwan yang diper­siapkan turut bergabung di Polwan Mojang Moge Pakuan.

Pol­wan, kata dia, bukan hanya dipersiapkan untuk pengaturan yang dilakukan di dalam ruangan. Dia ingin polwan memiliki ketangkasan dalam mengendarai motor. Namun, motor yang dimaksudnya bukan sekadar motor biasa, melainkan motor gede. “Karena di sini pol­wan juga harus dilatih. Pol­wan harus memiliki ketangka­san dalam mengendarai motor,” jelasnya kepada Radar Bogor kemarin (20/4).

Ulung juga berniat member­dayakan polwan yang tangkas mengendari moge dalam melakukan pengawalan VIP (rombongan presiden dan tamu negara). Para polwan pilihan ini nantinya akan diterjunkan dalam kegiatan-kegiatan penting Polresta Bogor Kota.

“Karena itu, dalam pelatihan mengendarai moge, polwan dituntut bisa mengendarainya di segala medan. Jadi, nantinya para ­polwan mampu mengen­darai motor yang di luar dari biasanya,” ucapnya.

Meski begitu, menurutnya, polwan merupakan perempuan yang mempunyai sisi kelem­butan walaupun disejajarkan dengan pria. Polwan tetap memiliki kasih sayang sebagai seorang ibu maupun sebagai istri. Maka, dalam momentum Hari Kartini, dia berharap, ketangkasan dalam mengendarai motor  tidak menghilangkan sisi kelembutan seorang perempuan.

Sementara itu, Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor Kota AKP Silfia Sukma Rosa mengatakan, ada enam personel Polwan Mojang Moge Pakuan yang unjuk kebolehan dengan mengitari ruas-ruas jalan di Kota Bogor, kemarin. Aksi tersebut dimulai dari halaman Hotel Amaris hingga finis di Kebun Raya Bogor (KRB).

“Latihan dalam rangka Hari Kartini, patroli, sekalian menunjukkan bahwa sekarang Polresta Bogor Kota sudah memiliki tim Polwan Mojang Moge Pakuan,” ujarnya.

Latihan tersebut, menurutnya, sudah dilakukan sejak lama. Tujuannya, melatih ketangkasan para polwan dalam mengendarai motor di atas 250 cc.(cr3/c)

Baca Juga