25 radar bogor

Guru Agama Islam masih Minim

CIBINONG-Jumlah guru agama Islam di Kabupaten Bogor dianggap masih kurang. Masalah tersebut, diakui Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor TB Luthfi Syam.

Menurutnya, hingga kini hanya ada sekitar 1.300 guru pendidikan agama Islam (PAI). “Jumlah SD ada 1.543 dan SMP ada 84. Artinya, nyaris semua sekolah tak punya guru agama, ini masalah kita,” kata dia saat menghadiri seminar Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Bogor, kemarin (20/4).

Oleh karena itu, sambung dia, revolusi mental dan pendidikan karakter yang digagas Presiden Jokowi, harus bisa teraplikasi terutama bisa menafsirkan hal itu, bagaimana materi pelajaran semakin kuat.

Kepala Kemenag Kabupaten Bogor, Dadang Ramdani mengapresiasi kegiatan yang dihelat para guru PAI ini. “Jadi, soal pendidikan agama tidak selalu atau menjadi ranah Kemenag. Ini menjadi kewajiban kita bersama,” kata Dadang.

Sementara itu, Sekjen DPW AGPAI Jawa Barat Daruri mengatakan, tugas AGPAII adalah melayani para guru PAI dan juga bagaimana bisa mengadvokasi, dalam arti, memberi pertolongan kepada guru-guru agama dalam konteks berbagai hal.(*/luc)