Beranda Politik

27 Juni, Coblosan Pilkada 2018

BERBAGI
PERSIAPAN: Pegawai KPU membereskan kotak pemungutan suara, belum lama ini.

JAKARTA–Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai menetapkan tahap penting dalam Pilkada 2018. Salah satunya adalah tanggal pemungutan suara alias coblosan pada 27 Juni 2018. Rencananya, pilkada serentak itu diikuti 171 daerah.

Ketua KPU Arief Budiman menyatakan, menentukan tanggal pelaksanaan pemungutan suara pada pilkada tahun depan cukup sulit. Sebab, pada Juni 2018, ada perayaan Idul Fitri pada pertengahan bulan. Sementara itu, UU Pilkada sudah mengunci Juni sebagai bulan pilkada.

Dengan pertimbangan ter­tentu, KPU condong memilih setelah Lebaran jika diban­dingkan dengan melak­sa­nakannya pada bulan puasa.
”Maka, kita melaksanakan pemungutan suara pasca Idul Fitri. Kalau saya enggak salah, tanggalnya 27 (Juni 2018),” ujarnya di kantor KPU RI, Jakarta, kemarin (20/4).

Nanti tanggal tersebut disahkan melalui revisi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada. Hanya, akan dilakukan uji publik terlebih dahulu sehingga masyarakat bisa memberikan masukan. Selain itu, penetapan akan dikonsultasikan dengan Komisi II DPR dalam rapat dengar pendapat (RDP).(jp)

Komentar Anda